Rabu, 20 Januari 2016

Inilah Cara Aman Menyimpan Data di Aplikasi Cloud

Sudah pernah dengar aplikasi cloud belom? Buat pecinta gadget tentu sudah tahu dengan teknologi ini. Aplikasi cloud ini semakin banyak di download oleh pengguna smartphone berbasis Android. Teknologi ini sepertinya akan booming di tahun 2016, salah satu provider sudah menggunakannya yaitu Indosat dengan aplikasi Incloud untuk pengguna Android. Teknologi Cloud ini sangat berguna untuk menyimpan data dengan aman tanpa membutuhkan perangkat seperti memory card, flash disk atau hard disk.

Pemakainya bisa menyimpan data di beberapa aplikasi seperti seperti Dropbox, Google Drive dan aplikasi lainnya. Bagi perusahaan yang ingin membuatnya tentu membutuhkan layanan cloud server Indonesia untuk mengakomodir kebutuhan teknologi cloud ini.

Inilah Cara Aman Menyimpan Data di Aplikasi Cloud 

Sedangkan  bagi pemakainya yang perlu di ketahui adalah menjaga keamanan data yang akan disimpan. Meskipun sudah cukup aman, namun ada beberapa poin yang harus diperhatikan sebagai pengguna.

Nah, di bawah ini ada beberapa kiat dan trik menjaga keamanan data di cloud storage:

- Sering-seringlah membackup data di Cloud, bisa dilakukan sekali seminggu atau tiap bulan. Hal ini sebagai antispasi jika data hilang, atau rusak, masih ada cadangan atau backup-annya.

 - Sebaiknya tidak menaruh data bersifat pribadi atau sensitif didalamnya misal No. card credit, nomer card identitas, alamat rumah dan sebagainya. Apabila data bocor atau jatuh ke tangan yang tidak bertanggung jawab bisa membahayakan kita. Namun jika masih ingin menyimpan data pribadi, sebaiknya data dienkripsi dulu sebelum diupload agar keamanannya berlipat.

- Password harus kuat supaya tidak mudah dibajak oleh hacker atau orang yang tidak bertanggung jawab. Gunakan kombinasi password yang unik serta mudah dihafalkan. Jangan lupa untuk mengganti kata sandi secara rutin agar makin aman.

- Metode two-step verification perlu dipraktekkan dalam mengakses data di cloud server storage. Sehingga makin aman dan kamu semakin nyaman.

 - Jika terpaksa menggunakan koneksi umum, laptop, atau pc publik, jangan lupa untuk log out dan hapus history dan hindari menyimpan password saat selesai menggunakannya.

 - Gunakan anti virus dan anti spy bagus pada laptop atau smartphone anda sehingga tingkat keamanannya makin berlipat.

Nah itulah panduan dan tips singkat tentang menggunakan aplikasi cloud, semoga berguna bagi kamu yang biasa memakai cloud storage untuk android, notebook, & keperluan lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar