Rabu, 02 Februari 2011

Dasar Photoshop Untuk Seorang Desain Grafis




Desain Grafis - photoshop adalah hal pertama yg harus dimiliki oleh seorang yg ingin menekuni dunia desain grafis. Hal ini mengingat, photoshop adalah salah satu software yg banyak digunakan dalam kegiatan yg terkait aktivitas desain grafis.

Dasar dasar photoshop ini digunakan khususnya dalam proses desain yg terkait dgn obyek foto atau gambar. Bukan hanya untuk memperbaiki kualitas sebuah obyek foto, namun juga untuk mengubah tampilan obyek tersebut. Seperti menjadikan wajah orang yg tidak berkumis, dgn menggunakan photoshop diubah menjadi berkumis.

Dgn memahami dasar dasar photoshop ini, seseorang bisa mengkreasikan sebuah obyek gambar untuk didesain sesuai imajinasi mereka. Hal ini bertujuan agar sebuah obyek bisa ditampilkan secara lebih menarik, atau juga untuk menguatkan fokus obyek tertentu.

Selain itu, dgn mengetahui dasar dasar photoshop seseorang bisa memanfaatkannya untuk membantu orang lain. Seperti ketika ada seseorang yg foto pribadinya tersebar luas, kita bisa menganalisa dgn tepat. Apakah foto yg beredar tersebut adalah benar-benar foto utuh atau hasil rekayasa dgn menggunakan permainan grafis melalui photoshop.






Kemampuan Minimal Dasar Dasar Photoshop

Bagi para pemula dan pengguna photoshop ada beberapa dasar dasar photoshop yg harus diketahui dalam proses belajar program ini. Karena hal ini merupakan salah satu langkah dasar sebelum seseorang mahir menggunakan program photoshop untuk aktivitas yg lebih rumit. Beberapa kemampuan dasar yg harus dipahami adalah :

·        Teknik croping. Yaitu sebuah teknik memotong obyek gambar sesuai dgn yg dibutuhkan. Seperti misalnya hendak menghilangkan bagian tepi kanan obyek foto, digunakanlah teknik croping untuk menghilangkan bagian yg tidak diinginkan.

·        Teknik Image. Teknik ini adalah mengatur penampilan yg terkait masalah pewarnaan, ukuran kontras obyek serta kecerahannya. Dgn teknik image pula kita bisa mengatur posisi kemiringan sebuah obyek.

·        Teknik Painting. Yaitu sebuah teknik untuk mengubah warna dari obyek menjadi sesuai keinginan kita. Biasanya, hal ini dilakukan pada teknik rekayasa foto untuk pas foto atau foto yg membutuhkan latar belakang dgn warna tertentu.

·        Teknik Removing. Adalah teknik memadukan dua buah obyek dari file yg berbeda dipadukan ke dalam satu file. Contohnya untuk obyek foto dgn latar belakang menara Eiffel. Kita cukup memadukan obyek menara Eiffel dgn obyek lain yg ingin dijadikan latar depan foto tersebut.


Sumber: anneahira.com

Temukan Info Lain Seputar Desain Grafis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar