Rabu, 25 Januari 2012

Kiat Sebelum Mengganti Velg Mobil

Velg mobil bisa membuat tampilan mobil menjadi berbeda, membeli velg mobil sama dengan membeli sepasang sepatu yang pas di kaki.

Sebenarnya velg dari pabrikan atau OEM (Original Equipment Manufacture) sudah teruji standard keamanannya. Namun apabila Anda ingin mobil terlihat sporty, Anda bisa memilih velg dengan desain balap atau racing look. Anda bisa juga memilih velg yang berkesan elegant, gunakan velg yang bermotif mewah.


velg mobil


Ada beberapa kriteria dalam memilih velg yang harus diperhatikan:

- Perhatikan pola baut pada mobil Anda, Ada dua jenis pola baut yang umum digunakan pada mobil sedan yaitu 5 X 114 atau 4 x 100. Namun tak tertutup kemungkinan ada produsen atau produk luar yang menggunakan pola baut yang berbeda.

- Perhatikan offset atau jarak antara garis tengah roda dan bidang permukaan hub-pemasangan roda. Semakin tinggi atau positif offsetnya, velg mobil akan terlihat celup ke dalam fender. Dan sebaliknya semakin rendah atau negative offsetnya, Roda akan terlihat keluar dari fender. Umumnya velg original memiliki offset positif agar terhindar dari gesekan pada bibir fender.

- Sebaiknya menggunakan ukuran standard dari pabirkan, selain lebih sesuai dengan bobot mobil tentunya juga membantu kinerja dan irit bbm.

- Warna velg mobil standar biasanya berwarna silver karena terlihat bersih. Untuk warna gelap lebih terkesan balap.


Semoga tips singkat ini bisa membantu Anda dalam menentukan Velg mobil yang tepat.(wk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar