Selasa, 19 Februari 2013

Perihal Bisnis Jasa Salon

Bisnis yang modalnya kekal adalah bisnis jasa selama anda memiliki keahlian anda tidak akan kekurangan karena itulah gunanya ilmu, bila ingin membuka bisnis salon apasaja yang harus di persiapkan ?, berikut beberapa hal yang harus kita tentukan dalam memulai usaha salon kecantikan:

1. Tentukan jasa apa yang akan dijual :
a. Hair Cut atau Potong Rambut
b. Creambath
c. Facial
d. Spa

Rincian tersebut merupakan asumsi awal yang biasanya digunakan oleh para calon pengusaha salon kecantikan, dan digunakan sebagai pertimbangan berapa besarnya dana yang dibutuhkan usaha membuka usaha salon kecantikan ini.
Diantara keempat produk jasa diatas yang paling sulit untuk dilakukan duplikasi adalah hari cut, karena jasa ini membutuhkan skill tersendiri, sehingga ada kecenderungan konsumen bisa puas dengan hasil hair cut bila dilayani oleh capster A tapi bisa jadi dia tidak puas dengan hasil kerja capster B.

Alat – alat yang diperlukan untuk macam jasa yang akan dijual :
a. Hair Cut atau Potong : clemek potong , rak susun barber chair/ kursi salon, clipper, sisir potong , kaca, sisir sasak, sisir bergerigi.
b. Creambath : kursi creambath, handuk , conditioner, bahan-bahan seperti shampo , cream, hair spa, vitamin, hari dryer, dengan catatan sudah termasuk kursi dan kaca.
c. Facial : masker, ozone, vacuum, favorizer, pinset, galvanic, high frequency, kaca pembesar, lampu, bad facial, handuk, kemben, dan lain sebagainya.
d. Spa : bath tub, home sauna, meja lulur, handuk, kimono, bahan-bahan aromaterapi, dan lain sebagainya.

2. Segmen apa yang akan Anda garap
Untuk memiliki salon dengan berkelas mewah misalnya, kita bisa membuat dekorasi yang berkesan mahal. Biasanya sebuah salon yang terlihat berkelas bisa dilihat dengan banyaknya mobil yang parkir di depan salon tersebut.

3. Miliki keunikan
Jika ingin berbeda dari salon-salon kecantikan yang ada, salon Anda harus memiliki keunikan tersendiri. Sehingga mempunyai ciri khas tersendiri. Apakah keunikan itu? Berkreasi menciptakan sebuah keunikan versi Anda. Apa saja unsur keunikan itu :
a. Sebuah penemuan baru. Misalnya menemukan formula baru dari bahan-bahan alami yang berkhasiat untuk kesehatan, dan belum pernah ada di salon kecantikan yang lain.
b. Kecanggihan dan kelengkapan alat. Semakin lengkap dan canggih alat-alat yang Anda gunakan , itu juga menjadi daya tarik tersendiri untuk salon kencatikan Anda.

4. Utamakan pelayanan
Karena membuka usaha salon kecantikan merupakan usaha yang bergerak di bidang jasa, maka Anda harus benar-benar memberikan pelayanan yang cukup memuaskan untuk konsumen pemakai jasa kita. Salah satu kunci lain agar dapat memberikan pelayanan yang memuaskan adalah kemampuan intra personal yang bagus.

5. Bikin membership.
Membership merupakan sebuah solusi atau cara yang paling mudah untuk mengikat konsumen agar selalu datang ke salon kita. Aneka promo bahkan diskon bisa diberikan kepada member salon Anda.

6. Franchise Salon
Jadi untuk membuka usaha sebuah salon kecantikan ternyata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, beberapa poin di atas adalah tips singkat bagaimana kita membuka usaha salon kecantikan.

Demikian tipsnya bila ingin membuka bisnis salon semoga bermanfaat untuk anda temukan info menarik tentang Bisnis Salon



Temukan artikel terekait:  Cara Hemat Perawatan di Salon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar