Jumat, 14 September 2012

Kiat Perawatan CPU komputer




CPU komputer merupakan pusat dari pengoperasian komputer yang anda pakai semua pemrosesan data dll ada dalam CPU, jadi bila anda ingin performa komputer anda selalu maksimal, rawatlah cpu anda dengan baik supaya performanya dapat terus bertahan, berikut ada beberapa tips untuk anda merawat cpu yang baik:

1. Pakailah UPS ( Uninterruptible Power Supply ) atau Stabilizer / Stavolt. Kalau bisa kedua-duanya UPS berguna untuk mengantisipasi listrik mati secara tiba-tiba yg dapat mengakibatkan kerusakan pada harddisk. Kalau tidak ada UPS gunakan lah Stavolt untuk mengantisipasi naik turunnya tegangan listrik.
2. Bersihkan Motherboard dan komponen lainnya secara berkala. Setidaknya 6 bulan sekali harus dibersihkan. Juga pada saat tidak digunakan tutuplah komputer dengan cover sehingga debu tidak mudah masuk ke komputer.
3. Pasang kabel ground. Hal ini digunakan untuk menetralkan jika ada listrik nyasar di casing CPU agar casing CPU lebih awet.
4. Secara berkala bersihkan lah disk drive menggunakan disk cleaner atau sejenisnya.
5. Bersihkan Power Supply Unit karena jika kotor dapat membuat suhu komputer melonjak.
6. Jauhkan lah benda cair dari komputer karena bisa menyebabkan hubungan pendek arus listrik.
7. Jangan melepas atau mencabut perangkat dalam kondisi komputer sedang hidup, Karena dapat mengakitbatkan kerusakan komponen karena adanya hubungan singkat di konektor.
8. Berilah Ventilasi yang cukup. Karena ventilasi yang kurang baik akan membuat komponen cepat panas. Usahakan ruang antara CPU dan dinding 30 cm.
9. Tutup / close program yg tidak digunakan karena setiap program yang di load membutuhkan RAM. Semakin banyak program yang digunakan jadinya komputer lelet dan memperpendek umur komputer.
10. Gunakanlah antivirus dan update lah secara berkala karena virus membuat harddisk anda jadi cepat rusak.

Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda dalam merawat cpu yang baik, temukan info menarik tentang harga komputer rakitan core i3


Temukan artikel terkait:Tips Memasang Prosessor Komputer

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar