Senin, 29 Oktober 2012

Bicara Perawatan Busi Mobil



Busi adalah sumber terjadinya proses pembakaran bahan bakar dimobil, agar mesin mobil bisa dijalankan kalau busi mobil soak tentunya mesin mobil tidak bisa dihidupkan, bagaimana cara merawat busi mobil?, simak tipsnya berikut ini:

1. Mesin kendaraan disebut masih normal jika ujung insulator dan elektrode busi berwarna abu-abu terang atau coklat kemerah-merahan. Ini menunjukkan kondisi dan setting mesin serta waktu pengapian dalam keadaan prima, dan masih sesuai dengan keadaan pabrik.

2. Kalau Anda melihat ujung insulator, elektrode dan busi tertutup dengan jelaga hitam, sisa pembakaran yang kering namun lembut, sebaiknya Anda lekas memeriksa stelan atau injeksi, mekanisme cuk, saringan udara, kalau perlu mengganti busi yang sesuai, karena kemungkinan besar ada yang kurang pas pada bagian-bagian tersebut. Bukan apa-apa, gangguan pada komponen-komponen tadi akan menyebabkan asap knalpot mobil menjadin hitam, bensin boros, serta sukarnya start saat mesin sedang dingin.

3. Pernahkah Anda mengalami mesin mobil tersendat dan lambat berakselerasi saat kendaraan bermuatan penuh, atau knalpot meledak-ledak karena bahan bakar tidak terbakar habis (misfiring)? Kalau ya, periksalah busi Anda, pasti ujung insulatornya tampak berwarna kuning agak coklat muda dan terkadang muncul warna hijau agak basah. Ini menunjukkan bensin dan oli tercemar bahan lain seperti air, atau pemakaian aditif yang kurang cocok.

Demikian tipsnya dalam merawat busi mobil semoga bermanfaat untuk anda temukan info menarik tentang penyewaan mobil



Temukan artikel terkait:   Cerita Bagian Gardan Mobil

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar