Kamis, 01 November 2012

Bikin Pencahayaan Rumah Yang Baik



Pencahayaan dalam sebuah rumah harus diatur dengan baik bila ingin semua ruangan mendapatkan pencahayaan yang cukup, agar kenyamanan dalam sebuah rumah dapat tercipta bagaimana cara membuatnya ?, simak tips berikut:

1. Ruang Tamu/ Ruang Keluarga
Lampu sentral, atau lampu yang dipasang pada langit-langit di tengah ruangan dan dikombinasikan dengan lampu pada sudut ruangan sesuai untuk ruang tamu atau ruang keluarga. Lampu meja juga bisa jadi alternatif yang tepat. Sebaiknya jangan terlalu banyak menempatkan lampu, jika ingin cahaya tambahan, buatlah yang natural. Misalnya dengan menempatkan cermin besar, yang akan membantu menggandakan cahaya dari lampu yang direfleksikannya.

Jika Anda memiliki patung pajangan atau lukisan, tonjolkan dengan memasang lampu fokus (umumnya dipasang di sudut bingkai atau tepat di atas lukisan). Ingin ruangan tampak lebih mewah, gunakan lampu chandelier dengan cahaya kejinggaan. Tak perlu lampu dengan model antik atau vintage. Sesuaikan dengan desain interior keseluruhan rumah.

2. Kamar Tidur
Kamar tidur adalah area paling pribadi di rumah Anda. Di sinilah Anda dan keluarga istirahat dan bersantai setelah seharian kerja. Pastikan lampu yang digunakan tidak terlalu terang dan menyilaukan. Mood-lighting yang cahayanya bisa diatur (redup, terang, sangat terang) sangat cocok untuk area ini. Pasang juga lampu tambahan, seperti lampu meja berbentuk lilin atau yang memiliki tudung yang bisa dinyalakan saat Anda menginginkan mood yang hangat atau romantis di kamar tidur.

3. Dapur
Cahaya yang terang sesuai untuk dapur, karena inilah area di mana Anda harus mengerjakan tugas rumah tangga paling penting; memasak. Anda tentunya tidak mau jari teriris pisau, masakan terlalu matang atau ayam gosong saat dipanggang karena penglihatan yang kurang jelas akibat minimnya pencahayaan. Pilihlah lampu neon bercahaya putih terang. Tempatkan juga lampu di bawah kabinet agar memudahkan Anda mencari peralatan masak.

4. Ruang Belajar/ Ruang Kerja
Seperti halnya dapur, ruang belajar atau ruang kerja juga harus mempunyai cahaya yang terang. Bahkan Anda disarankan menempatkan lampu meja untuk membantu penglihatan.

Demikian tipsnya dalam membuat pencahayaan yang baik dalam sebuah rumah semoga bermanfaat untuk anda temukan info menarik tentang desain interior rumah idaman



Temikan artikel terkait:   Buat Rumah Kecil Terasa Nyaman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar