Senin, 29 Oktober 2012

Trik Jitu Menambah Tenaga Mesin Mobil



Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan tenaga mesin mobil bagaimana cara meningkatkan tenaganya yang efektif agar tisak ada problem ?, simak tips berikut ini:

Anda bisa melakukannya dengan memasang turbocharger atau supercharger,memodifikasi kepala (header) dan ujung (muffler) knalpot, hingga modifikasi saluran udara (air intake) mesin. Namun, yang paling sering dan dinilai memberikan tambahan tenaga paling besar adalah langkah pertama dan kedua. Pengalaman selama ini, menunjukkan pemasangan turbo atau supercharger mampu meningkatkan tenaga mobil hingga 50 persen, sedangkan modifikasi disaluran buang atau knalpot 15 persen, Memang masing-masing memiliki kerumitan, dan biaya yang mahal. Karena itu perlu kecermatan dan ketepatan memilih. Lantas bagaimana untuk mendapatkan hasil yang ideal? Apa kelebihan dan kekurangan masing-masing? Berikut tips untuk anda :

1. Turbocharger
Peranti ini tak ubahnya seperti pompa yang menambah tenaga piston mesin denganmemberi tekanan udara lebih besar ke dalam setiap silinder. Sehingga proses pembakaranbahan bakar di ruang bakar mesin berlangsung cepat dan sempurna.Turbocharger memanfaatkan sisa gas buang hasil pembakaran di mesin untuk memutar kipas atau turbin di dalam rumah turbocharger . Hanya, peranti ini memiliki kekuranganyaitu turbo-lag atau keterlambatan reaksi karena terdapat jeda waktu ketika pedal gas ditekan hingga tercapai tekanan gas buang yang besar untuk memutar turbin. Biasanya orang menyebut, turbocharger payah saat diputaran mesin rendah. Memang, pabrikan saat ini menggunakan dua unit turbo kecil dan multi katup, sehingga meski ditekanan udara rendah sudah bereaksi
2. Supercharger
Mekanisme kerja suoercharger mirip dengan turbocharger. Hanya, kelebihansupercharger adalah tersedianya tenaga seketika atau instan pada putaran mesin rendah.Walhasil, kesenjangan atau jeda waktu antara tekanan pedal gas yang mendorong udarake silinder seperti pada turbocharger tidak akan terjadi. Peranti itu langsungmenghasilkan tekanan udara saat mesin dihidupkan.Lantaran itulah, supercharger mampu mendongkrak tenaga mesin baik di kala putaranmesin rendah maupun tinggi.
3. Lengkapi dengan intercooler
Satu hal yang patut dicatat, kerja turbocharger maupun supercharger akan jauh lebihsempurna manakala udara yang dipasok melalui air intake ke ruang bakar jugamengandung banyak oksigen. Logikanya sederhana, hukum alam memastikan bahwa proses pembakaranmembutuhkan oksigen. Makin banyak oksigen makin sempurna. Pada sisi lain, berkat dorongan turbocharger maupun supercharger kerja piston yangmendorong udara begitu cepat, sehingga udara segar yang disemburkan ke ruang bakar tak jarang minim oksigen. Lantaran itulah, perlu penyegaran udara.Proses penyegaran itu bisa dilakukan manakala pemasangan turbo atau supercharger jugadilengkapi intercooler. Peranti ini banyak di jual di toko onderdil. Secara teoripenggunaan peranti itu mampu memberikan tambahan tenaga ke mesin 10 – 15 persen.
4. Pilih knalpot sesuai dengan mesin
Cara yang paling murah dan mudah untuk meningkatkan tenaga mesin adalah denganmodifikasi di saluran buang. Prinsip kerja dari bagian mobil yang dimodifikasi itu adalah mengelola secara tepat gas sisa pembakaran.Knalpot yang baik adalah knalpot yang dapat memberikan tekanan balik yang tepatsehingga menghasilkan tenaga yang optimal. Disinilah perlunya memilih knalpot yangbaik dengan memperhatikan header (kepala knalpot yang langsung berhubungan denganlubang blok mesin), resonator, dan muffler belakang, Namun, pilihan itu harus disesuaikan dengan mesin. Secara umum mobil bermesin empatsilinder, menggunakan header konfigurasi 4- 2-1. atau 4-1, dengan pipa berdiameter 2inci.Artinya, header tersebut menggunakan empat saluran untuk menyalurkan gas buangpembakaran mesin, kemudian disalurkan ke dua saluran di badan knalpot, dan terakhir satu saluran di mulut knalpot.

Demikian tipsnya dalam meningkatkan tenaga mobil agar efektif dan efisien semoga menambah wawasan anda temukan info menarik tentang sewa mobil bulanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar