Selasa, 20 Oktober 2009

Mengenal GPS Garmin


GPS atau Global Positioning System adalah sebuah sistem navigasi yang mulai umum digunakan. Bahkan sudah banyak pula perangkat ponsel yang memasukkan fitur GPS sebagai salah satu fitur andalan mereka. Memang, dengan menggunakan GPS, kita bisa lebih merasa mobile karena GPS (cth gambarnya bisa di cek di toko gps) menawarkan kemampuan untuk mengetahui posisi / lokasi dimana kita berada saat ini, sekaligus memberikan solusi navigasi bagi yang sedang tersesat atau kebingungan mencari letak suatu tempat.

Meskipun ada beberapa sistem navigasi, seperti GLONASS (Rusia), Galileo (Uni Eropa), dan IRNSS (India); untuk saat ini NAVSTAR GPS (nama lengkap GPS) masih merupakan yang terbaik. Secara teknis, GPS menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke bumi dimana sinyal tersebut diterima oleh GPS receiver dan dipergunakan untuk memperhitungkan posisi, kecepatan, arah, dan waktu. Sistem GPS sendiri dikembangkan oleh departemen pertahanan Amerika Serikat dan namanya diberikan oleh John Walsh sebagai salah satu penentu kebijakan penting dalam protokol GPS.

Selain digunakan untuk keperluan militer, penggunaan GPS kini juga sudah merambah ke masyarakat umum. Dari perangkat ponsel hingga kendaraan pribadi. Beberapa armada taksi di ibukota pun juga sudah memanfaatkan perangkat GPS seperti yang ada di toko gps untuk mempermudah pelacakan unit mereka, sekaligus untuk memberikan solusi perjalanan yang lebih baik kepada pelanggan. Untuk perangkat ponsel sendiri menggunakan teknologi GPS yang sedikit berbeda dan disebut dengan A-GPS (Assisted GPS). Detilnya akan kita bahas di lain waktu.

Banyak pihak, khususnya pemerintah, juga telah memanfaatkan GPS dalam bentuk sistem informasi geografis. Dengan mengawinkan sistem informasi dengan kemampuan GPS, pengelolaan, perencanaan, dan pelaporan sebuah sistem informasi dapat berlangsung lebih efektif.

http://gadgetons.com/mengenal-gps.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar