Jumat, 23 Oktober 2009

Persiapan Menuju Pernikahan

1. Mulai Persiapan

Ambil napas dalam-dalam dan jernihkan pikiran Anda. Menerima cincin pertunangan memang membahagiakan, namun hal itu pun berarti satu hal, pengaturan pesta pernikahan yang tidak hanya membutuhkan kekuatan fisik, juga mental. Pertama, yang harus Anda lakukan adalah menetapkan tanggal pernikahan. Diskusikanlah dengan pihak keluarga. Namun satu hal yang tidak boleh Anda lupakan,persiapan pernikahan membutuhkan waktu minimal enam bulan.

2. Tetapkan Bujet

Seindah apa pun pernikahan impian Anda, hal itu tidak akan terwujud tanpa perencanaan biaya yang tepat. Lebih baik Anda dan pasangan merancang pesta pernikahan sesuai bujet. Mintalah bantuan konsultan keuangan untuk hasil yang lebih maksimal. Hitung segala persiapan: foto liputan, makanan, tempat, dll. Anda tentu tidak ingin jatuh miskin setelah pesta usai, bukan?

3. Cincin Pernikahan

Pilih cincin pernikahan bersama pasangan. Lebih baik bila Anda membeli cincin pernikahan dengan ukiran tertentu yang akan membuat perhiasan tersebut selalu dikenang.

4. Kartu Undangan

Jangan dikira kartu undangan bukan elemen penting. Bahkan, kartu tersebut berperan sebagai perpanjangan tangan Anda dan pasangan pada para tamu undangan. Kartu itu pun menjadi cerminan bentuk pesta pernikahan Anda. Undangan bisa menjadi seperti wedding souvenir yang cantik dan menarik bagi para tamu yang akan berkesan bagi mereka.

5. Hubungi Pihak Terkait

Pernikahan membutuhkan bantuan dari banyak pihak. Bila Anda merasa tidak sanggup, hubungi saja wedding organizer untuk menangani semua hal. Namun, tidak berarti Anda tinggal duduk santai hingga hari pernikahan tiba, sebaliknya Anda merupakan pemegang keputusan utama dalam berbagai hal.

6. Gedung

Menyewa gedung bisa menjadi hal yang rumit. Apalagi bila Anda melakukan pernikahan saat high season. Bisa jadi gedung serbaguna serta ballroom hotel sudah fully booked. Untuk itu, dibutuhkan antisipasi sekaligus perencanaan yang matang.

7. Dekorasi

Sudah mendapatkan venue yang tepat? Kini saatnya menentukan dekorasi. Pernikahan bertema menjadi tren belakangan ini, seperti tema green wedding yang tengah digemari tahun 2008 ini. Diskusikan secara mendalam mengenai tema, karena hal tersebut akan memengaruhi pesta secara keseluruhan.

8. Pilih Gaun Impian

Ingatlah, desainer bukan ibu peri. Mereka membutuhkan waktu yang cukup untuk mewujudkan gaun impian Anda. Jangan asal ke butik pakaian. Bekerjasamalah dengan desainer mulai pemilihan kain hingga penempatan detail. Tapi, bila Anda tidak ingin repot, pilih saja gaun dari bridal.Anda bahkan tidak perlu membelinya, cukup menyewa gaun yang Anda inginkan untuk dipakai di hari bahagia nanti.

9. Katering

Seperti juga gedung, katering pun membutuhkan perencanaan yang matang. Pasalnya, pilihan menu Anda akan menjadi salah satu bentuk penilaian tamu undangan terhadap pesta pernikahan. Bahkan, bila mereka menganggap makanan yang disajikan lezat dan berbeda,pestapernikahan Anda bisa menjadi salah satu bentuk promosi bagi perusahaan katering tersebut.

10. Hiburan

Pesta tidaklah meriah tanpa musik. Pilihlah musik yang menjadi kenangan Anda dan pasangan. Lebih baik bila band pilihan Anda bisa memainkan semua lagu tersebut. Namun bila tidak, siasati dengan memutar CD berisi pilihan lagu Anda berdua.

http://lifestyle.okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar