Jumat, 23 Oktober 2009

Panduan Dalam Membereskan Rumah

Jika menengok di kalender, banyak sekali liburan long week end akhir – akhir ini. Selain untuk bepergian mengunjungi sanak keluarga atau sekedar berjalan – jalan, tidak ada salahnya bila long week end kali ini dihabiskan di rumah saja, sambil membereskan rumah. Namun kadang bila niat sudah ada, kita toh tetap bingung harus membereskan rumah dari mana, sepertinya semua bagian rumah terasa sumpek, kotor dan jorok.

Langkah pertama, siapkanlah bberapa kardus untuk menaruh barang – barang yang akan dibuang atau yang akan disumbangkan. Beri label pada kardus tersebut: BUANG, PAKAIAN BEKAS, MAINAN BEKAS, dsb. Siapkan juga satu list barang yang akan dibeli. Kerahkan seluruh keluarga dan berbagi tugaslah. Libatkan anak – anak agar mereka juga merasa memiliki rumah tersebut dan melatih rasa tanggung jawab.

Day 1:

Awali dari rumah bagian dalam.

Jangan mulai dari bagian luar seperti garasi. Tujuannya. Bila pekerjaan hari itu tidak selesai, kondisi rumah yang berantakan tidak akan terlihat dari luar. Mulailah dari kamar anda dan kamar anak. Bersihkanlah lantai kecuali kalau sudah “berkarat” lakukanlah poles marmer agar kinclong lagi. Cuci kamar mandi dan bersihkan toilet. Jangan lupa taruh kamper di lubang saluran air untuk mencegah kecoa dan tikus naik. Bereskan lemari baju. Sisihkan baju lama atau mainan layak pakai, masukkan ke kardus. Jangan biarkan baju – baju tergantung di gantungan belakang pintu karena hanya akan menjadi sarang nyamuk dan bau. Cek sprei anda, kapan terakhir diganti? Laundry boneka dan kain gorden. Lakukan di hari pertama agar setelah liburan gorden anda siap dipasang kembali. Jika AC rusak, lakukanlah service AC jangan dibiarkan begitu saja karena bisa lebih parah lagi kerusakannya.

Day 2:

Meja makan, Dapur dan tempat jemur

Sortir jepitan jemuran dan gantungan yang sudah tidak layak pakai. Bila kurang, masukkan ke list barang yang perlu dibeli Periksa tali atau kawat jemuran. Bila sudah berkarat atau berumbai, segera beli yang baru Sortir makanan kaleng di lemari makanan. Bukalah dulu kaleng makanan dengan tanggal expired terdekat. Sortir peralatan makan anda. Jumlah piring, sendok garpu dan gelas haruslah cukup untuk seluruh kleuarga dan beberapa tamu. Pastikan perelatan makan anda masih menarik dan terawat. Bagilah bahan – bahan makanan berdasarkan kategori, misalnya kelompok mie ( bihun, misua, makaroni), makanan kalengan, roti, aneka tepung, dsb. Rapihkan peralatan elektronik di dapur seperti microwave, blender atau toaster.

Day 3:

Ruang Tamu, Ruang Keluarga dan Garasi

Cek taplak meja di ruang tamu,bila sudah kumal dan kotor gantilah Rapihkan Koran dari raknya termasuk furniture minimalis dan jenis furniture lain. Sisakan Koran tiga hari terakhir saja.

Day 4:

Ruang keluarga, Garasi, Gudang

Lap pajangan dan TV anda dengan kain lembut Lap kaca dengan kertas Koran dan air. Murah meriah namun bersih Sortir Koran dan majalah dari raknya. Sisakan Koran tiga hari terakhir dan majalah edisi terbaru saja. Cuci atau kibas tempat Koran dan majalah tersebut Sortir peralatan keperluan mobil dan garasi. Sortir barang – barang yang menumpuk di gudang. Setiap hari sehabis memebrsihkan rumah, jangan lupa sapu dan pel seluruh ruangan dengan larbol. Semprotkan pembasmi nyamuk.

www.abouthomesolutions.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar