Jumat, 06 Mei 2011

Mutu Kesehatan Di Indonesia Di Bawah Nilai Standar

Pelayanan medik dasar merupakan kontak pertama pelayanan yayasan kesehatan di sarana kesehatan yang menjadi kebutuhan dasar manusia dalam mempertahankan dan meningkatkan kesehatan serta menanggulangi penyakit untuk kelangsungan hidup manusia. Di Indonesia saat ini terdapat hampir 53 jenis sarana kesehatan yang ada, namun belum semuanya tertata baik standar penyelenggaraan pelayanan dasar maupun proses pelaksanaan perijinannya.


Dalam upaya meningkatkan mutu perlu dilakukan pemantauan secara berkala terhadap aspek-aspek yang mempengaruhi kinerja sarana kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan serta bagaimana pembinaan yang dilakukan oleh institusi terkait.

Sesuai dengan keberadaan sarana kesehatannya, maka pemantauan aspek-aspek yang mempengaruhi mutu yankes ini bisa dilakukan oleh institusi terkait sesuai kewenangannya (eksternal) maupun oleh pihak institusi sarana kesehatan itu sendiri (internal).

Sampai saat ini upaya penigkatan mutu yang sudah dilakukan yaitu rumah sakit berupa akreditasi, puskesmas melalui stratifikasi maupun penilaian kinerja puskesmas. Sedangkan untuk sarana pelayanan kesehatan dasar lainnya belum dilakukan secara maksimal.Untuk itulah perlu diupayakan bersama secara kontinyu, agar apa yang diharapkan bisa menjadi acuan bagi peningkatan mutu penyelenggaraan pelayanan kesehatan medik dasar.

Temukan info lebih lengkap seputar yayasan kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar