Senin, 04 Februari 2013

Soal Keamanan Mengendarai Motor Jarak Jauh

Mengendarai motor jarak jauh memang cukup melelahkan dan anda juga harus berhati hati selama di perjalanan pengaturan kecepatan selama dalam perjalanan adalah hal yang paling utama karena anda juga harus menyesuaikan diri dengan medan perjalanan yang anda lalui berikut ada beberapa tips untuk anda mengendarai motor jarak jauh:

1. Kapasitas muatan
Hal pertama yang perlu diperhatikan saat mengendarai sepeda motor ialah kapasitas muatan. Sepeda motor masih dapat diandalkan jika hanya dikendarai oleh dua orang, tapi akan terasa menyulitkan jika Anda membawa barang secara berlebihan. Membawa barang dalam jumlah banyak akan menambah berat kendaraan sehingga lebih sulit untuk dikendalikan.

2. Tidak membawa anak-anak
Pikir dua kali sebelum membawa si kecil naik sepeda motor dengan jarak yang cukup jauh. Tubuh anak lebih rentan terhadap cuaca panas, dingin, apalagi hujan. Anak juga lebih mudah kelelahan daripada orang dewasa. Jika Anda harus membawa si buah hati pertimbangkan untuk beralih ke moda transportasi lain.

3. Perhatikan kondisi motor
Sebelum melakukan perjalanan, periksa kondisi motor ke bengkel terpercaya. Pastikan motor sudah cukup prima untuk menempuh perjalanan jauh di segala cuaca dan kondisi jalan. Periksa rem, lampu, dan komponen mesin lainnya agar terhindar dari kecelakaan atau mogok di jalan.

4. Siapkan kelengkapan berkendara
Baik pengendara maupun penumpang perlu menggunakan kelengkapan berkendara, seperti helm, jaket, sarung tangan, dan sepatu yang cukup tangguh. Siapkan pula surat-surat identitas, seperti KTP, SIM, dan STNK. Bawa serta jas hujan untuk berjaga-jaga jika terjadi hujan.

5. Istirahat
Jika perjalanan cukup jauh, luangkan waktu setiap 3-4 jam untuk beristirahat di rest area sekitar. Manfaatkan waktu istirahat untuk buang air dan meluruskan kaki yang pegal akibat terlalu lama duduk.

Demikian tipsnya mengendarai motor jarak jauh semoga bermanfaat untuk anda temukan info menarik tentang perawatan mobil

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar