Selasa, 14 Mei 2013

Pengetahuan Hal Negatif Dari Pembersih Tangan

Pembersih tangan yang cepat memang efektif untuk membersihkan tangan tanpa air namun hal tersebut juga memiliki sisi negatif yang perlu anda ketahui apa sajakah itu ? simak bembahasannya berikut ini:

Pembersih Tangan Sebabkan Resistensi Antimikroba
Pastinya banyak orang yang tergoda untuk sekadar membeli pembersih tangan ini. Selain harga yang tidak terlalu mahal, pembersih tangan ini juga mudah dibawa kemana saja, sehingga ketika seseorang membutuhkan pembersih tangan, tidak perlu sulit menemukan air terlebih dahulu.

Namun, ada baiknya penggunaan pembersih tangan ini juga dibatasi. Sebaiknya tidak selalu dalam setiap kesempatan pembersih tangan ini digunakan. Karena dibalik manfaatnyayang cukup baik untuk menekan angka infeksi, ternyata dalamjangka waktu panjang justru akan menimbulkan masalah kesehatan.

Ketika pembersih tangan ini digunakan dalam jangka waktu lama, maka efeknya bisa sama dengan penggunaan antibiotik, yaitu menyebabkan resistensi bakteri.  Dalam setiap produk pembersih tangan terdapat triklosan. Penggunaan pembersih tangan dalam waktu lama, akan menyebabkan beberapa bakteri menjadi resisten terhadap triklosan.

Hal tersebut pernah diteliti oleh Molly B. Schmid dan Nachum Kaplan, peneliti asal Kanada. Dari analisa yang mereka lakukan selama lebih dari satu tahun, mereka menyimpulkan bahwa infeksi dari bakteri Methicillin-resistent Stapylococcus aureus (MRSA) resiten terhadap triclosan. Tidak hanya terhadap bakteri, menurut peneliti, penurunan sensitifitas virus terhadap triklosan juga dapat melemahkan kekebalan tubuh manusia.

Manfaat Pembersih Tangan VS Kerugiannya
Setelah kita mengamati dan membandingkan manfaat pembersih tangan dan kerugiannya, ada baiknya kita bijak untuk menggunakan pembersih tangan tersebut dalamkehidupan sehari-hari. Tidak bias dipungkiri, manfaat pembersih tangan untuk melindungi manusia dari penyakit infeksi sangatlah baik, namun hal tersebut tentu masih bias digantikan dengan menggunakan air. Jika tidak dalam keadaan benar-benar terpaksa, gunakan pembersih tangan sesuai dengan kebutuhan.

Karena, jika Anda menggunakannya sebagi proteksi, selain akan menyebabkan beberapa mikroorganisme bermutasi menjadi resisten, sehingga anda resisten terhadap antimikroba, kulit Anda pun sangat rentang menjadi kering. Di samping itu. Beberapa orang yang memiliki kulit sensitive juga harus berhati-hati dalam menggunakan pembersih tangan ini, karena kandungan alkoholnya cukup tinggi yaitu 45% – 95%.

Demikian pembahasannya tentang sisi negatif dari pembersih tangan semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan, temukan info menarik tentang Terapi Stroke

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar