Selasa, 14 Mei 2013

Tips Lari Yang Efektif

Olahraga lari memang salah satu cara yang paling efektif untuk cepat membakar lemak dan melancarkan peredaran darah namun olah raga ini terkadang untuk pemula mudah sekali kelelahan karena tak bisa mengatur nafasnya, berikut adabeberapa tipa olah raga lari yang efektif:

    Berlarilah dengan lambat dan padukan dengan jalan kaki. Untuk mengawali, memang cukup berat bila memaksakan diri berlari terus-menerus. Oleh karena itu, lakukan lari dengan jarak pendek-pendek dan sisipi jalan kaki. Anda tidak akan kehabisan energi lewat cara tersebut. Agar tidak terlalu memaksakan tubuh, lakukan hanya sekitar 10-15 menit saja untuk per sesinya. Penggabungan lari dengan jalan akan meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat kerja kardiovaskular lebih seimbang, Pastinya, lakukan olahraga ini secara teratur dan tidak lupa memberi waktu bagi tubuh untuk memiliki hari libur berolahraga.
    Carilah lingkungan yang mendukung Anda untuk aktif berolahraga. Kadang ada lingkungan yang mengejek pemula ketika sedang berolahraga. Hal tersebut bisa membuat mental menjadi jatuh. Jadi, pilihlah lingkungan yang orang di dalamnya mendukung Anda untuk hidup sehat dengan berolahraga.
    Memakai teknik yang tepat. Sebelum berlari lakukan gerakan pemanasan dahulu. Anda bisa melakukan squat, lunges, atau melompat-lompat. Jika tubuh sudah hangat, waktu peregangan ringan untuk kaki. Peregangan juga dilakukan untuk penggul, paha depan, paha belakang, dan betis. Saat berlari, gunakan pantat dan perut sebagai tumpuan untuk bergerak. Rasakan energi tubuh seakan mendorong ke depan.
    Cari permukaan jalan yang bersahabat. Pilihan jalan dengan pemukaan yang halus ketimbang terlalu menanjak. Kaki Anda masih butuh penyesuaian untuk berbagai bentuk jalan yang ditempuh.
    Variasikan olahraga Anda. Sekalipun Anda suka berlari, lakukan juga jenis olahraga lain. Fungsinya adalah untuk menjaga sendi dari cedera berlebihan.

Demikian tipsnya dalam melakukan olah raga lari yang efektif semoga bermanfaat untuk anda temukan info menarik tentang Suplemen Kesehatan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar