Jumat, 04 Maret 2011

Busana Kebanggaan Indonesia Dari Masa Ke Masa

Kebaya, adalah pakaian perempuan asli Indonesia. Kebaya, adalah pakaian atasan (blouse) yang dibuat sedmikian rupa sehingga mampu menampilkan siluet tubuh perempuan Indonesia yang eksotis dengan warna kulitnya yang indah.


Berabad-abad lamanya kebaya merupakan pakaian yang dikenakan oleh oleh para perempuan etnis Jawa. 'Kebaya Kartini' adalah salah satu contoh model kebaya yang sangat populer karena selalu sesuai bagi perempuan dengan bentuk tubuh apapun. Ada pula "Kebaya Kutu Baru' yaitu kebaya terbuka di bagian depan dengan sebagian penutup di bagian dada juga tak kalah populer. Model kebaya modern ini menjadi semacam trade mark yang selalu dikenakan oleh ibu negara Indonesia.

Kini, kebaya tidak lagi menjadi pakaian para perempuan Jawa, tapi oleh banyak perempuan di Indonesia. Karena kebaya, juga merupakan pakaian 'kebesaran' kaum etnis china di Indonesia. Kebaya 'encim' merupakan peninggalan kebaya kaum etnis china yang hingga saat ini masih sangat digemari oleh banyak kalangan kaum perempuan Indonesia dan telah menjadi mode sepanjang masa.

Dengan mengenakan kebaya, seorang perempuan, apapun karakternya, akan selalu tampil berbeda. Kebaya seolah mampu menampilkan sisi yang lain dari setiap perempuan yang mengenakannya. Siapapun yang mengenakan kebaya, selalu terlihat berbeda ....

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar