Pertumbuhan signifikan penjualan sepeda motor dari tahun ke tahun, menunjukkan besarnya potensi pangsa pasar otomotif Indonesia. Penjualan motor nasional sepanjang semester pertama 2010, mencapai 3.599.322 unit setara dengan 61,5 persen pada 2009. Di penghujung tahunlalui, diperkirakan penjualan motor akan melampaui penjualan pada 2009. Hal ini, tentunya turut berimbas pada peningkatan penjualan spare part motor.
Menurut Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sinduwinata, ”Angka penjualan kita sudah bagus, bahkan di tahun 2013-2014 pasar kita bisa sampai 10 juta unit,” paparnya. Saat ini, Indonesia adalah pasar terbesar urutan ketiga di dunia, di bawah China dan India. Pasar kita sangat diperhatikan pabrikan-pabrikan motor dunia.
Naiknya permintaan terhadap kendaraan roda dua ini, turut pula mendongkrak penjualan suku cadang (sparepart motor). Terlebih menjelang hari raya seperti Lebaran. Karena banyaknya jumlah pemudik yang menggunakan sarana ini. Para pedagang suku cadang sepeda motor berbagai merk mengalami panen yang luar biasa. Permintaan suku cadang mengalami grafik peningkatkan hingga 25-50% dibandingkan hari biasa. Membaiknya pasar otomotif nasional sepanjang tahun ini, menjadi berkah juga bagi produsen suku cadang dalam negeri seperti PT. Astra Otoparts Tbk. Anak perusahaan Astra Group yang bergerak di sektor industri suku cadang kendaraan roda empat dan roda dua ini, hingga semester I-2010 lalu telah mencatat angka penjualan sebesar Rp. 3 triliun. “Pertumbuhan pasar otomotif nasional tahun ini memang berkembang di luar prediksi yang ada. Jumlah pertumbuhan
pasar otomotif sendiri berbanding lurus dengan penjualan komponen. Kalau mereka naik, kami juga naik,” ujar Direktur PT. Astra Otoparts Tbk Widodo
Temukan info lebih banyak lagi seputar spare part motor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar