Rabu, 08 Juni 2011

Cara Memelihara Stick Billiard


Merawat stik billiard sebenarnya gampang-gampang susah. Tergantung bagaimana cara kita melasaya kannya saja.Stik billiard biasanya ada dua jenis (dilihat dari material). Ada stik kayu dan ada juga stik dari bahan fiber.Kedua jenis stik ini pasti berbeda dalam hal perawatan. Biasanya yang membutuhkan perawatan extra itu adalah stik kayu (shaftnya terbuat dari kayu).

STIK KAYU

Untuk stik kayu, perlu diperhatikan kalau stik kayu itu paling anti terhada air.Jadi, jangan biarkan stik anda berada dalam keadaan basah ataupun lembab. Stik kayu juga tidak tahan terhadap panas yang berlebih. Panas dan lembab ini akan membuat stik jadi bengkok atau tidak lurus lagi.

Stik kayu juga mudah kotor. Untuk membersihkannya disarankan menggunakan produk-produk yang memang khusus disediakan untuk membersihkan shaft, misalnya Tiger Cleaner, Q Clean, dll. Silahkan dicari di tempat billiard atau toko sport.

Stik kayu juga sering terasa “tidak licin” karenanya stik ini sering dipakai dalam permainan billiard profesional

Nah untuk menyiasatinya, tersedia juga berbagai produk untuk kembali melicinkan shaft seperti Q Wiz. Berbentuk seperti amplas yang sangat halus. Tinggal digosok-gosokkan saja ke bagian shaft dari stik kita.

STIK FIBER

Untuk stik fiber sendiri sebenarnya perawatannya hampir sama dengan kayu. Hanya berbeda saat membersihkan saja. Stik fiber jika selesai dipakai harus langsung di lap dengan menggunakan lap lembab dan langsung dilap kembali memakai lap kering. Stik fiber lebih tahan terhadap lembab/panas dibandingkan stik kayu jadi tidak mudah bengkok.

Tetapi jika stik fiber sudah bengkok, maka akan susah untuk meluruskannya kembali. Yang paling penting adalah tumbuhkan rasa “memiliki” pada stik kita. Bagaimanapun, stik itu ibarat senjata saat kita berperang.

Temukan info lebih lengkap seputar permainan billiard

Tidak ada komentar:

Posting Komentar