Selasa, 14 Agustus 2012

Kiat Puasa Tetap Sehat dan Berstamina




Puasa adalah salah satu ibadah wajib yang harus di jalankan oleh semua umat islam yang sudah balig alias sudah dewasa, saat puasa biasanya cairan tubuh berkurang dan jatah makan tentunya di kurangiyang tadinya 3x sehari kini hanya 2 kali sehari, haus mendera seperti menceki pada siang hari, bagaimana cara cehat dan berstamina saat berpuasa ?, berikut adalah beberapa tipsnya:

Hindari makanan yang di goreng
Selama berpuasa sebaiknya menghindari makanan yang diolah dengan minyak atau digoreng. Karena organ pencernaanyang semula beristirahat akan bekerja lebih keras untuk mencerna makanan yang digoreng

Hindari minum minuman yang bersifat diuretik
Sebaiknya jangan minum teh ataupun kopi selama berpuasa karena teh dan kopi mempunyai kandungan kafein yang merupakan zat diuretik yaitu zat yang merangsang keluarnya cairan dari dalam tubuh. Sedangkan saat berpuasa tubuh kita kehilangan banyak cairan.

Hindari minum es dan manis saat berbuka puasa
Karena tubuh kehilangan banyak cairan ketika berpuasa, sehingga kadang orang yang berpuasa merasa dirinya memerlukan minuman dingin untuk menyegarkan tubuhnya. Dan orang cenderung mengkonsumsi makanan pembuka yang manis-manis sehingga akibatnya memicu insulin untuk bekerja karena adanya lonjakan kandungan gula dalam darah. Sebaiknya berbuka lah dengan minuman hangat yang kandungan gulanya rendah agar tubuh tidak kaget saat menerima makanan dan minuman.

Minum air putih
Saat berpuasa tubuh kehilangan banyak cairan, oleh sebab itu saat berbuka ataupun sahur usahakan minum air putih minimal 8 gelas, untuk menghindari dehidrasi dan memenuhi kebutuhan cairan selama berpuasa.

Jangan langsung mengkonsumsi makanan pokok saat berbuka
Saat berbuka makanlah makanan kecil sebagai pembuka, sebab bila langsung mengkonsumsi makanan pokok maka akan menimbulkan kekagetan pada jantung dan lambung.

Untuk tetap sehat dan berstamina saat berpuasa sebaiknya mengkonsumsi makanan seperti: Madu, Kurma, Jahe, Kunyit, Temulawak, Kencur

Jadi agar sehat dan berstamina diperlukan nutrisi yang seimbang, dan sehat, temukan info menarik tentang toko kue

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar