Rabu, 15 Agustus 2012

Tips Main Arung Jeram



Mencintai permainan arung jeram memang membutuhkan keberanian yang kuat, dari sebagian orang beranggapan bahwa permainan ini sangat mengadu adrenalin.

http://media1.id.88db.com/DB88UploadFiles/2008/06/17/335D7583-A166-4125-8315-C5A3C78B0FC7.jpg


Nahh untuk itu ada beberapa tips aman dalam permainan arum jeram ini.

1. Menjaga Kondisi tubuh Sebaiknya peserta arung jeram dalam kondisi berbadan sehat.


2. Pakaian Sebaiknya kenakan celana pendek dan kaus katun yang nyaman. Agar nyaman, kenakan sandal sebagai alas kaki. Sebaiknya gunakan sandal gunung daripada mengenakan sandal jepit


3. Perlengkapan Gunakan helm pelindung dan jaket pelampung (life jacket). Pilih jaket sesuai ukuran tubuh Anda. Carijaket yang pas di badan, tidak kesempitan maupun terlalu longgar. Jaket pelampung tersedia dalam beberapa ukuran dan bisa diatur.


4. Pemanasan Tak ada salahnya Anda melakukan sedikit pemanasan sebelum melakukan arung jeram. Di beberapa operator arung jeram, hal ini seringkali jarang dilakukan.


5. Posisi duduk Duduklah di tepi perahu karet. Jangan di tengah ataupun di dasar perahu karet. Hal ini untuk memudahkan Anda menyeimbangkan tubuh, da ikuti instruksi


6, Dayung. Anda harus memperhatikan dengan benar cara membawa dan menggunakan dayung. Walau tampak hanya sebilah papan, salah-salah Anda bisa melukai diri sendiri maupun orang lain saat mendayung. Jika Anda duduk di sebelah kanan, genggam ujung dayung berbentuk “T” dengan telapak tangan kanan.


7. Mengayuh. Sebelum memulai arung jeram, instruktur biasanya akan mengajarkan terlebih dahulu berbagai aba-aba. Di antaranya adalah instruksi “Maju” dan “Mundur”. Instruksi “Maju” yaitu dayung dikayuh ke arah dalam untuk membuat perahu maju.


8. Saat terjatuh. Bila Anda terlempar ke sungai, tetaplah tenang dan jangan panik. Namun, cara berenangnya tidak seperti berenang di kolam renang.


9. Perahu terbalik. Kadang saat arus deras atau memang disengaja, perahu akan terbalik. Di beberapa kejadian, peserta akan berada di dalam perahu yang terbalik.

Nahh itulah beberapa tips aman dalam melakukan olahraga rafting yang aman.

Info Terkait: Paket Outbound

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar