Kamis, 10 Desember 2009

Tips Liburan Natal



Bepergian bagi penghobi melancong, tentu merupakan rencana luar biasa yang layak diperjuangkan. Nah, agar bepergian jadi pengalaman yang berkesan dan tak terlupakan, Anda pasti ingin merancangnya sebaik mungkin, bukan?
Minusnya Ikut Paket Tur

Harus Negosiasi
Sayangnya, tak semua Paket liburan menyenangkan untuk diikuti. Beberapa orang yang sangat mengedepankan prinsip ekonomis, menganggap bepergian dengan ikut paket tur relatif mahal dibandingkan bepergian sendiri atau menjadi independent traveler. Memahami adanya pengambilan keuntungan oleh pihak lain atas rencana perjalanan Anda, membuat Anda harus benar-benar bernegosiasi dengan pihak penyelenggara tur. ”Cobalah minta diskon! Pengalaman saya, di Asia biasanya masih dikasih dengan sedikit merayu tentunya. Apalagi kalau tidak pergi sendiri, bargaining power-nya bisa lebih besar!” saran Trinity.
Namun, proses negosiasi ini bagi beberapa orang akan terasa melelahkan untuk dilakukan, sehingga malas untuk bepergian dengan menggunakan paket tur.

Toleransi Tinggi
Hal lain yang sedikit kurang nyaman dengan ikut paket tur adalah toleransi lebih yang harus diberikan kepada orang lain, terkait kegiatan kelompok/ rombongan. Trinity mencontohkan ketidaknyamanan seseorang, ketika harus menghadapi orang lain yang tak seusia. Seperti kelompok manula yang jalannya lamban, kelompok remaja yang terlalu berisik, atau kelompok anak-anak yang suka berlarian ke sana ke mari. Belum lagi toleransi terhadap jad­wal perjalanan. Misalnya, ketika turun di obyek wisata masih ada yang mengambil foto di luar pemotretan bersama-sama, kendati sudah waktunya untuk pergi ke tujuan wisata lain.Atau ketika bus akan berangkat, ternyata masih ada peserta yang belum kembali. Masih banyak pengalaman bertoleransi lain yang terjadi selama perjalanan wisata dengan paket tur.

Eksplorasi Wisata Tak Maksimal
Merencanakan wisata tanpa program Paket liburan dari biro perjalanan, berdasarkan pengalaman pribadi Trinity, memungkinkan Anda untuk leluasa bepergian ke tempat­-tempat non turistik dan merasakan pengalaman live like local. Bagi yang memimpikan perjalanan sebagai kesempatan untuk mempelajari dan mengeksplorasi­ suatu budaya, paket tur bukanlah pilihan terbaik. Mengikuti paket tur membuat Anda harus mengikuti jadwal dan rute yang sudah ditentukan si travel agent. Nah, kini silakan Anda tentukan sendiri, jalan-jalan dengan paket tur atau merancang perjalanan sendiri. Sesuaikan dengan karakter Anda, agar acara liburan jadi makin berkesan!


http://tabloidnova.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar