Rabu, 16 Februari 2011

Sakit Kronis Dapat Di Kurangi Dengan Musik

RASA sakit akibat arthritis bisa menurunkan performa kerja bahkan seringkali menghambat aktivitas keseharian. Dalam kondisi seperti ini, mungkin Anda seringkali terpikir untuk menggunakan obat pereda rasa sakit. Tapi, obat ini juga hanya bersifat sementara dan tidak bisa menyembuhkan rasa sakit hingga ke akar masalahnya. Selain itu, seperti yang Anda tahu, obat kimia biasanya diiringi dengan efek samping tertentu. Karena itu, Anda bisa mencoba cara lain yang lebih alami. Luangkan waktu Anda untuk melakukan terapi musik. Anda juga pastinya sudah sering merasakan kalau musik bisa menenangkan, tapi bisakah musik menghilangkan rasa sakit? Studi ilmiah dari Cleveland Clinic menunjukkan, terapi musik bisa meredakan rasa sakit kronis.


Studi yang dipublikasikan di Journal of Advanced Nursing ini menemukan, para pasien yang melakukan terapi musik mengalami pengurangan rasa sakit yang signifikan. Pasien tersebut mengalami pengurangan rasa sakit sebesar 21% dan pengurangan depresi berkaitan dengan rasa sakit sebesar 25%. Berkaitan dengan jenis musik, tidak ada perbedaan antara partisipan yang memilih musik sendiri dengan mereka yang memilih dari 5 daftar musik yang telah disediakan.

Meskipun faktor penyebab berkurangnya rasa sakit belum jelas, tapi ada beberapa teori yang diyakini berada di baliknya:Musik bisa mengalihkan perhatian seseorang, dengan begitu Anda tidak akan terus-menerus memikirkan sakitnya. Pikiran yang berpusat pada rasa sakit terus-menerus biasanya malah bisa memperparah rasa sakit itu sendiri.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar