Jumat, 15 April 2011

Teknologi Tenda Yang Mampu Menghasilkan Tenaga Surya

Angkatan Darat Amerika Serikat telah “menghijaukan” sejumlah operasi mereka di berbagai kawasan. Terakhir, mereka membangun perlindungan berbasis tenaga matahari yang dipasang langsung di atas tenda.

Sejumlah perlindungan – yang terbuat dari lapisan panel surya tipis yang fleksibel – telah diuji coba di beberapa tempat. Contohnya seperti pada salah satu kawasan operasi militer mereka di Afghanistan.

Dekorasi tenda ini didesain untuk memungkinkan tim ekspedisi memasang komputer dan perangkat militer lainnya tanpa membutuhkan generator ataupun bahan bakar. Langkah ini sekaligus diharapkan dapat memenuhi target Angkatan Darat AS yakni operasi hemat energi di 2030 mendatang.

Tenda perlindungan yang digunakan dalam uji coba adalah Temper Fly, sebuah struktur tenda berukuran 5 kali 6 meter yang mampu menghasilkan listrik sebesar 800 watt.

Ada juga Quadrant, varian lebih kecil dari Temper Fly yang mampu menghasilkan listrik sebesar 200 watt. Sejumlah tenda lain – disebut Power Shades – dalam berbagai ukuran yang mampu menghasilkan daya elektrik yang bisa dipindah-pindah hingga sebesar 3 kilowatt juga dipasang.

Temukan info Lebih lengkap seputar dekorasi tenda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar