Jumat, 11 Mei 2012

Hal Kaca Film Untuk Mobil




Kaca film mobil memang terlihat biasa saja dan tak terlihat mewah tapi sebenarnya Manfaat kaca film pada mobil sangat berguna untuk menahan panasnya sinar matahari. Sebab, sinar matahari yang terdiri atas beberapa bagian, diantaranya sinar inframerah atau infared, dapat mengakibatkan panas pada kulit. Bahkan, panjang gelombang yang lebih dari 700 Nanometer(Nm) ini bisa membuat kulit terbakar dan berwarna gelap karena bereaksi dengan pigmen oleh karena itu banyak orang yang memakai kaca film tersebut pada mobilnya.

Selain inframerah terdapat pula visible light (VL). Sinar ini adalah semua yang tampak terlihat di mata. Ukuran panjang gelombangnya antara 400 hingga 700 Nm. Bila berlebihan atau tepat mengarah ke mata, akan menyilaukan. Bila berulang-ulang menyebabkan mata cepat lelah. Efek saat berkendara, bisa menurunkan konsentrasi pengemudi karena silau.

Selain itu pada sinar matahari terdapat sinar ultraviolet (UV). Sinar ini mempunyai panjang gelombang di bawah 400 Nm. Para ahli menganggap sianar ini paling merugikan, karena dapat menyebabkan kulit terbakar, bahkan bisa kanker kulit. Pada mobil, bisa menyebabkan interiornya cepat rusak.

Karena risiko yang besar itu, kebanyakan produsen banyak lebih memfokuskan produknya untuk bisa menangkal UV. Maka, karena kaca film yang bagus memiliki zat khusus seperti sputtered technology, yaitu ion-ion metal yang tertanam dalam kaca film. Zat ini dapat melindungi sinar UV hingga 99% keren bukan?.

Dari berbagai risiko terkenanya sinar matahari tersebut, maka pemasangan kaca film akan dapat mengurangi panas dan ultraviolet dari matahari, dimana untuk kaca film tertentu bisa hingga 99%.

Kaca film bisa menghemat energi. Dengan panas ruangan yang berkurang, maka pemakaian AC dapat berkurang. Selain itu, saat AC menyala, suhu ruangan lebih cepat dingin, sehingga beban AC terkurangi. Selain itu ruangan yang dilindungi kaca film dapat lebih menahan suhu panas yang masuk, sehingga AC lebih efisien. Kaca film juga dapat melindungi interior mobil. Bila dipasang pada kaca rumah, perabotan seperti meja, kursi dan elektronik terlindungi dari panas, sehingga dapat lebih tahan lama dan mengurangi keburaman warna.

Selain itu, kaca film dapat menambah keamanan rumah, karena kaca tidak akan mudah pecah saat ada bencana atau pencurian. Bahkan ada kaca film yang mampu menahan timah panas yang ditembakkan sebuah senjata api dari jarak dekat, menakjubkan sekali bukan kegunaannya ?..... oleh karena itu lindungilah diri anda dengan menggunakan kaca film dari sengatan matahari dan tentunya kegunaan lain dari kaca film tersebut, demikian pembahasanya semoga bermanfaat untuk pengetahuan anda

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar