Jumat, 11 Mei 2012

Laboratorium Bahasa Katagori Multimedia






Laboratorium Equipment – Laboratorium bahasa menjadi sarana yang paling sering digunakan oleh lembaga pendidikan, baik itu sekolah maupun lembaga kursus yang memang khusus mengajarkan bahasa asing, peralatan dalam laboratorium bahasa secara keseluruhan sendiri dibagi menjadi beberapa katagori.

Katagori-katagori tersebut adalah laboratorium bahasa tipe manual, digital dan multimedia. Dan untuk setiap katagori dari laboratorium bahasa memiliki peralatan laboratorium bahasa yang berbeda-beda. Dan setiap katagori dari laboratorium bahasa tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan yang berbeda-beda.

Pertama, untuk laboratorium bahasa tipe manual biasanya memakai peralatan laboratorium bahasa berupa perangkat elektronika tanpa microcontroller. Untuk tipe ini mempunyai fungsi yang terbilang standar dari laboratorium itu sendiri. Biasanya dalam pengoprasionalnya  peralatan laboratorium bahasa tidak terkoneksi dengan komputer, sehingga maintenance lab jenis ini sangat mudah dan murah. Dan dari segi biaya perawatan tipe ini yang paling murah. Penggunaannya biasanya untuk kalangan pelajar muai dari  setingkat SD atau SMP.

Kedua, laboratorium bahasa tipe digital ini memakai peralatan laboratorium bahasa berupa microcontroller  dimana berfungsi untuk mengatur fitur-fitur dari peralatan laboratorium bahasa tersebut dengan perangkat software. Untuk Lab jenis ini ada yang terhubung dengan software komputer dan ada juga yang tidak dihubungkan dengan komputer.

Untuk peralatan laboratorium bahasa seperti  WinnerTech model Digital yang harus terhubung dengan komputer adalah tipe WT01SE, WT02, WT03 dan WT04 Wireless. Sedangkan yang tidak harus terhubung dengan komputer adalah tipe dual console WT01DC.  Tentunya  keduanya memiliki kelebihan tersendiri.

Ketiga, Laboratoriuim Bahasa tipe Multimedia, untuk katagori ini memakai peralatan laboratorium bahasa yang keselurahannya dikendalikan oleh software. Dan untk katagori ini (peralatan laboratorium bahasa) setiap itemnya harus dilengkapi dngan peratalan computer yang mendukung peralatan laboratorium bahasa tersebut, salah satu keunggulan dari peralatan laboratorium bahasa adalah dapat juga digunakan sebagai lab komuter, namun tentunya dengan biaya perawatan yang sedikit lebh mahal dari pada lainnya.

Info Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar