Jumat, 27 Juli 2012

Saran Mendidik Anak Untuk Mengkonsumsi Makanan Sehat




Asupan gizi pada anak harus seimbang, jadi jangan biarkan anak anda mengkonsumsi jajanan yang tidak sehat, karena masa masa pertumbuhan adalah awal yang baik untuk mengajarkan pada anak untuk mengkonsumsi makanan sehat, berikut ada beberapa tips mengajarkan anak untuk mengkonsumsi makanan sehat:


1. Beri contoh yang baik. Orangtua seharusnya menjadi contoh bagi anak-anak, termasuk dalam hal makan. Anak-anak mengamati apa yang Anda makan, bahkan ketika Anda tidak sadar mereka sedang memperhatikan Anda. Misalnya, ketika Anda sedang menonton televisi ditemani sepiring gorengan dan sekantong keripik. Hal ini mengirimkan pesan yang salah kepada anak-anak, bahwa makanan itulah yang seharusnya dinikmati sehari-hari. Mereka tidak akan mengerti apakah makanan tersebut cukup bergizi atau adakah pengaruh buruknya. Sebaiknya, buatlah makanan yang sehat sebagai camilan Anda, misalnya potongan buah segar di tengah hari dan tawarkan kepada anak-anak.

2. Masak makanan sehat. Anda tidak perlu memaksa anak-anak Anda untuk menyantap berbagai makanan sehat dengan alasan bisa menurunkan berat badan. Untuk mendorong kebiasaan makan sehat anak-anak Anda, kurangi kebiasaan Anda jajan, dan masaklah berbagai masakan sendiri di rumah. Gunakan kreativitas Anda untuk mengolah berbagai masakan. Jika Anda membiasakan anak untuk makan makanan rumahan sejak mereka kecil, mereka pun tidak akan membiasakan diri untuk mengonsumsi jajanan di luar yang kurang menjanjikan asupan gizinya.

3. Berikan imbalan. Berikan imbalan pada anak ketika mereka bersedia memakan sayur atau buah-buahan yang Anda sediakan untuknya. Misalnya saja, anak sangat menyukai es krim. Maka Anda bisa menetapkan aturan, mereka bisa menikmati es krim jika mereka sudah menghabiskan seporsi buah yang disediakan. Pendek kata, buah dan sayuran menjadi kudapan utamanya, sedangkan camilan lain yang menjadi favoritnya hanya diposisikan sebagai bonus saja.

4. Bersikap tegas dan konsisten. Ketika sudah menetapkan aturan untuk menyantap makanan sehat di rumah, bersikaplah konsisten dengan aturan tersebut. Jangan memberi kelonggaran hanya karena anak mengeluh sedang malas atau sedang capek. Jika anak tidak menghabiskan sayur bagiannya, beri hukuman dengan tidak memberikan makanan penutup kesukaannya. Anak-anak jauh lebih mudah memahami hadiah atau hukuman langsung dibanding hanya sekadar ucapan. Diskusikan aturan ini dengan pasangan, agar Anda bisa saling mendukung.

Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda untuk mengajarkan anak anda mengkonsumsi makanan sehat, temukan info menarik tentang es cream

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar