Jumat, 09 Oktober 2009

Global Positioning System


....adalah alat navigasi yg elektronik.

Dia menerima informasi dari 4 - 12 satellite2 (bagiaan dari 27+ satellite2 GPS yg pemerintah Amerika S. punya) sehingga dia bisa memperhitungkan posisi Anda....dia mana Anda berada di Bumi!

Satellite2 ini memutarkan 20,000 km diatas bumi.

Bagiamana alatNya bisa membantu saya ?

Anda bisa membaca koordinate posisi Anda berada di dunia, ingat tempat2Nya yg Anda menunjungi (sehingga Anda bisa balik nanti), membaca kecepatan jalan, lihat arah dan jarak antara tempat2 (waypoint), jarak dan arah antara Anda dan waypoint2.....

Ketelitian: +/- Sekitar 5 -100 m (kebiasaan sekitar +/-15m). Ada khusus survei yg ketelitian <1cm> Fungsi Alat lebih lanjut...

Waypoint - AlatNya bisa ingat sekitar 250-500 tempat. Tempat yg di ingat, atau Anda memasukan koordinate sendiri, punya istilah "waypoint". GPS bisa kasih tanda arah dan jarak dari tempat alat berada ke waypoint.

Route (Rute) atau jalur buat antara waypoint2 - Kalau GPS di mode route dia akan memberi info jarak dan arah ke waypoint pertama, setelah datang di waypoint yg pertima tanda GPS langsung ke waypoint berikutnya, lebih lengkapnya bisa di cek di toko gps.

Trackback (Lintasan balik) - Kalau Anda tidak mematikan alatNya pada saat jalan, alatNya otomatis ingatkan jalur. Dia bisa kasih tanda arah untuk lintas balik.

Speed (Kecepatan)

ETA (Estimated Time of Arrival) - Hitungan sampai tujuan dengan kecepatan sebenarNya sampai waypoint tujuan (hitungan memakai jalur langsung).

Apakah kelemahan GPS ?

Rata-rata format peta Indonesia biasanya memakai datum dari Jakarta (0 derajat). Kebanyakan alat GPS tidak punya format ini sehingga Anda harus memakai Latitude & Longitude. Di negara lain bisa membaca GPSku dan langsung lehat posisiku di peta.

Lan*** langsung - Alat GPS membutuh lihat langsung satellite2 untuk menerima informasiNya, untuk membelinya anda bisa lihat di toko gps. Oleh karena ini tidak bisa memakai GPS dalam rumah, kadang-kadang terlalu dekat gudung2 yg tinggi, kadang-kadang dlm lembah, kadang-kadang di bawah hutan tebal. Pengalaman saya tidak pernah ada masalah dgn GPS dlm hutan, hanya dlm lembah dgn Garmin GPS12.

Bahasa - Dengan GPS Garmin Anda bisa memilih bahasaNya yg dia memakai. - Tetapi bahasa2 itu hanya bahasa2 eropa.... belum bahasa Indonesia/Melayu.

Bateri - bateri habis, tidak ada cadangan.....bantuan navigasi selesai! Kebiasan alat GPS memakai 4 bateri AA alkaline dan cepat habis kalau memakai alat GPS terus (10 - 36 jam yg tergangtung model).

Elektronik - sama semua alat elekronik.... jatuh mungkin rusak, ....masuk basah mungkin rusak.... hati-hati dong!

Walaupun alat GPS bisa hitund ketinggian, biasaNya kesalahan cukup besar, dan kurang cokok untuk membantu sebagai informasi navigasi di daerah pergunungan.

http://petaku.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar