Kamis, 07 Juni 2012

Penteingnya Penggunaan Microskop Cahaya




Penggunaan mikroskop pada laboaturium memang memegang peranan penting untuk meneliti sesuatu yang bentuknya micro yang tak dapat dilihat oleh mata telanjang, alat laboratorium yang satu ini memang paling sering digunakan dalam penelitian, berikut ini ada langkah penggunaan mikroskop cahaya yang perlu diperhatikan:

1. Letakkan mikroskop di atas meja dengan cara memegang lengan mikroskop sedemikian rupa sehingga mikroskop berada persis di hadapan pemakai !

2. Putar revolver sehingga lensa obyektif dengan perbesaran lemah berada pada posisi satu poros dengan lensa okuler yang ditandai bunyi klik pada revolver

3. Mengatur cermin dan diafragma untuk melihat kekuatan cahaya masuk, hingga dari lensa okuler tampak terang berbentuk bulat (lapang pandang).

4. Tempatkan preparat pada meja benda tepat pada lubang preparat dan jepit dengan penjepit obyek/benda!

5. Aturlah fokus untuk memperjelas gambar, obyek dengan cara memutar pemutar kasar, sambil dilihat dari lensa okuler. Untuk mempertajam putarlah pemutar halus !

6. Apabila bayangan obyek sudah ditemukan, maka untuk memperbesar gantilah lensa obyektif dengan ukuran dari 10 X,40 X atau 100 X, dengan cara memutar revolver hingga bunyi klik.

7. Apabila telah selesai menggunakan, bersihkan mikroskop dan simpan pada tempat yang tidak lembab.

Demikian langkah penggunaan microskop cahaya semoga menambah pengetahuan anda saat menggunakannya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar