Kamis, 07 Juni 2012

Tahap Membersihkan Karburator Mobil



Punya mobil bagus tentunya ada tanggung jawab perawatan yang perlu dilakukan untuk dari mulai merawat mesin sampai mencuci body mobil tersebut agar selalu terawat dan kondisi prima untuk bisa dibawa kemana saja yang di perlukan perawatan mesin mobil tiap bulan salah satunya adalah bagian karburator, bagaimanakah membersihkan/ perawatan karburator yang baik ?, berikut tipsnya:

1. Pertama bersihkan filter udara dengan cara melepaskan filter udara yang terpasang pada lubang karburator, lepas filter udara dan bersihkan dengan semburan angin kompresor, bila terbuat dari busa bisa dicuci dan biarkan kering sendiri.
2. Selanjutnya bukalah karburator dengan cara melepas baut-baut rumah karburator, katup choke dan kran bensin. Gunakan kunci yang sesuai agar alat-alat tersebut tidak gampang dol. Lepas komponen-komponen karburator lalu tempatkan dalam wadah yang berisi cairan bensin. Lalu Lepas mangkok karburator, pelampung dan jarum pelampung, main jet, pilot jet dan yang lainnya.
Hati-hati terhadap parts yang kecil-kecil dan seal atau karet pelindung. Sebaiknya anda tempatkan dalam wadah yang mudah terlihat agar pada saat pemasangan tidak bingung
mencarinya.
3. Jika sudah terlepas semuanya maka bersihkan karburator dengan kuas, lalu semprot lubang-lubangnya dengan udara bertekanan tinggi. Gunakan amplas halus untuk membersihkan kotoran pada spuyer-spuyer. Jangan terlalu banyak mengamplasnya karena dapat menyebabkan perubahaan ukuran diameter spuyer.
4. Setelah bersih, pasang kembali spuyer-spuyer tersebut. Gunakan obeng spuyer dan pengecangannya jangan terlalu keras, cukup gunakan dua jari pada ujung obeng.
5. Sebelum dipasang komponen-komponen karburator sebaiknya Anda jangan lupa untuk mengatur tinggi pelampung bensin dengan menggunakan jangka sorong atau sigmat.
6. Dan terakhir rakit kembali karburator yang tadi dilepas, filter udara kembali dipasangkan. Lalu nyalakan mesin dan setel kondisi langsam mesin dengan cara setel spuyer angin-angin dengan cara memutar searah jarum jam hingga mentok, lalu putar balik beberapa putaran sesuai dengan standar mesin mobil Anda.

Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda dalam merawat karburator mobil, temukan informasi menarik seputar rental mobil jakarta

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar