Kamis, 07 Juni 2012

Tips Terbaik Memperbaiki Alat Berat




Penggunaan alat berat sangat di perlukan dalam beberapa pekerjaan penting seperti, proses pembangunan gedung dan untuk keperluan industri pabrik, tak jarang banyak perusahaan atau instansi menyewa alat berat pada perusahaan alat berat yang menyediakan alat tersebut namun bila alat berat tersebut rusak atau ngadat maka anda perlu menservicenya alis memperbaikinya, bagaimana cara memperbaiki dan merawat alat berat berikut tipsnya:

1. Persiapkan Tools dan Peralatan penunjang lainnya seperti Shop Manual & OMM (Operation Manual Maintenance)

2. Perhatikan Safety / Keamanan dalam melakukan perbaikan. Intinya kita harus tahu poin2 yang akan diperbaiki dan dampak bahayanya bagi lingkungan sekitar dan diri sendiri. Terutama dalam penggunanaan alat-alat kerja harus sesuai dengan standard dan untuk beban jangan sampai melebihi dari batas yang ditentukan

3. Periksa Gangguan yang muncul di sekitarnya, terlebih dahulu periksa secara visual dan lihat apakah sekelilingnya ada kebocoran cairan atau kerusakan benda (damage core). Prioritaskan yang dapat diperbaiki secara visual.

4. Lihat di Shop Manual untuk setiap Unit Alat Berat dan tipenya untuk menganalisa secara grafik diagram atau struktur kerja dari alat tersebut. Periksa apakah disana terdapat kesalahan dalam suatu sistem.

5. Bila perlu lakukanlah pengukuran untuk mengetahui gejala kerusakan tersebut sehingga bisa dianalisa kerusakannya. Lakukan PPM atau Ambil sampel pelumas di bagian mesin.

6. Setelah Unit telah selesai perbaikan , Catatlah hasil tersebut untuk dijadikan resume/laporan hasil kerusakan, ini dilakukan bila mengalami kerusakan yang sama tidak perlu mulai dari awal. Jadi lihat catatan tersebut dan langsung menuju ke poin perbaikan yang dituju. Bila perlu Anda analisa kenapa terjadi seperti itu, sehingga akan muncul pemecahan masalah dan pencegahannya.

7. Unit Alat Berat yang digunakan juga memerlukan perawatan service rutin. Agar unit selalu dalam keadaan prima dan mencegah terjadinya kerusakan secara tiba-tiba. Jagalah selalu unit anda dalam kondisi ideal. Daily Maintenance sangat diperlukan dalam penanganan alat berat ini.

Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda dalam memperbaiki dan merawat alat berat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar