Jumat, 13 Juli 2012

Cara Terbaik Belajar Bahasa Jawa




Belajar bahasa jawa memang sekilas mudah namun bahasa jawa banyak ragam katanya bila asal bicara saja tentu berbeda dengan bahasa asli orang jawa mereka punya penyebutan sendiri, bahasa jawa makin ketengah daerahnya makin halus, makin ke barat atau ketimur bahsanya makin kasar daerah memang mempengeruhi penyebutan bahasanya, berikut pembahasan tentang bahasa jawa:

Tingkatan Bahasa Jawa
Jika dilihat dari tingkatannya, bahasa Jawa memiliki tingkatan khusus, yaitu bahasa Jawa ngoko, bahasa Jawa krama, bahasa Jawa krama inggil, bahasa Jawa krama madya, dan jenis bahasa yang lainnya. Namun, untuk tingkat dasar, penguasaan mengenai ketiga jenis bahasa jawa yaitu ngoko, krama, dan krama inggil dirasa sudah cukup untuk digunakan sebagai patokan dalam berbicara sehari-hari.

Huruf dalam Bahasa Jawa
Selain masalah tingkatan dalam bahasa Jawa, faktor lain yang tidak kalah penting untuk diketahui dalam belajar bahasa Jawa adalah pemahaman mengenai tiap huruf dalam bahasa Jawa. Karena bahasa Jawa berbeda dengan bahasa indonesia, sebelum masuk ke dalam kalimat bahasa Jawa, kita harus benar-benar memahami setiap huruf dalam bahasa Jawa.

Huruf-huruf dalam bahasa jawa antara lain ha, na, ca, ra, ka, ma, ga, ba, tha, nga, pa, da, sa, wa, la. Yang harus diperhatikan sebagaimana huruf pada bahasa Indonesia, semua huruf pada bahasa Jawa tersebut tidak dapat berdiri sendiri kecuali ada huruf lain yang merangkaikan.

Khazanah Bahasa Jawa
Pada dasarnya, belajar bahasa Jawa bukan merupakan sesuatu yang sulit. Selain sebagai bentuk kecintaan kepada leluhur, ternyata bahasa Jawa menyimpan beragam keindahan yang tak terhitung harganya.

Bisa kita lihat, pada saat ini banyak sekali turis asing yang ingin mempelajari bahasa Jawa beserta kebudayaan Jawa. Tidak hanya itu, sekarang sudah banyak disediakan jurusan bahasa Jawa yang ternyata tidak kalah menarik dengan jurusan bahasa yang lain.

Demikian pembahasannya tentang belajar bahasa jawa semoga bermanfaat untuk anda, temukan info menarik tentang kursus private bahasa inggris


Temukan artikel terkait : Trik Belajar Matematika

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar