Jumat, 26 April 2013

Remaja Punya Aturan Makan Sehat Sendiri

Masa remaja adalah masa pertumbuhan yang perlu asupan gizi yang baik dan cukup oleh karena itu remaja wajib mengatur makanan yang di makan agar sehat dan kebutuhan gizi di masa pertumbuhan tercukupi, berikut ada beberapa tips untuk anda:

Makan apapun untuk sarapan
Remaja dan orang dewasa cenderung suka melewatkan sarapan. Padahal sarapan penting untuk meningkatkan kualitas memori jangka pendek. Jadi cobalah makan apapun di pagi hari. Misalnya segelas susu, buah-buahan, atau bahkan kopi.

Menyimpan banyak camilan
Terkadang, remaja juga tidak sempat makan siang karena jadwal sekolah atau kuliah yang sangat padat. Jadi penting bagi mereka untuk menyimpan banyak camilan. Sehingga meskipun tidak makan siang, remaja bisa menikmati camilannya. Namun camilan yang dikonsumsi harus bergizi, seperti buah-buahan, biskuit energi, dan yang lain yang rendah lemak.

Makan malam cepat
Jika makan malam bersama keluarga selalu disiapkan dengan baik, remaja tidak punya banyak waktu untuk itu. Mereka butuh makanan lezat yang cepat disiapkan dan lezat saat dimakan. Jadi roti isi adalah salah satu pilihan bagi remaja untuk menikmati makan malam sehat.

Makan sayur dan buah
Perlu sedikit campur tangan orang tua untuk masalah yang satu ini, yaitu membiasakan remaja agar mau makan sayur dan buah secara teratur. Sebab remaja cenderung makan makanan yang tidak sehat. Sehingga konsumsi buah dan sayur penting dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi para remaja.

Jangan khawatir soal nafsu makan
Banyak orang yang nafsu makannya meningkat drastis ketika memasuki masa remaja. Jangan khawatir soal hal itu. Sebab remaja memang masih mengalami masa pertumbuhan. Sehingga salah satu akibatnya adalah peningkatan nafsu makan secara drastis.

Tetap harus dikontrol
Meskipun nafsu makan meningkat, remaja tetap harus mengontrol porsi makanan yang dikonsumsi. Caranya adalah dengan aktif bergerak atau rajin berolahraga. Sebab jika tubuh hanya diberi makan namun kalori tidak dikeluarkan, sisa makanan akan berubah menjadi lemak yang meningkatkan berat badan.
Demikian tipsnya makan sehat untuk remaja di masa pertumbuhan semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda temukan info menarik tentang Catering



Temukan artikel terkait:  Tips Jadikan Pola Makan Anda Teratur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar