Rabu, 24 April 2013

Sehat Membentuk Otot Dengan 3 Nutrisi Penting

Membentuk otot yang bagus tentunya perlu juga nutrisi penting yang mendukungnya, karena fitnes apa bila tidak di imbangi dengan asupan nutrisi yang baik maka otot yang ingin anda bentuk tidak akan tercapai, apa saja nutrisi penting yang harus anda penuhi?, simak pembahasan berikut:

Protein
    Protein merupakan nutrisi penting yang berperan dalam hampir semua sel dalam tubuh. Protein juga memainkan peran penting dalam sekian banyak proses biologis yang memungkinkan seluruh organ tubuh berfungsi dengan baik demi menunjang kelangsungan hidup.
    Bahkan, selain air dan glikogen, protein juga merupakan penyusun otot terbesar. Sehingga tak heran, pola makan tinggi protein selalu dianjurkan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, ataupun meningkatkan massa otot.Sumber protein dari makanan dapat dibagi menjadi dua macam, protein hewani dan protein nabati. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing.
    Sumber protein hewani seperti daging, telur, atau susu mengandung profil asam amino yang lengkap termasuk asam amino esensial yang mutlak dibutuhkan untuk perkembangan tubuh manusia. Asam amino esensial tidak dapat diproduksi dalam tubuh manusia dan karenanya hanya dapat diperoleh dari makanan yang dikonsumsi. Sementara itu sumber protein nabati tidak memiliki profil asam amino yang lengkap. Satu-satunya sumber protein nabati yang memiliki profil asam amino paling lengkap sampai saat ini adalah kedelai (soy protein).

Lemak
    Siapa bilang tubuh tidak butuh lemak? tubuh kita tetap membutuhkan lemak dalam jumlah cukup agar dapat berjalan sesuai dengan fungsinya. Lemak dianggap penting bagi tubuh karena asam lemak tertentu seperti asam linoleat dan alfa linoleat tidak cukup diproduksi oleh tubuh.
    Oleh karena itu, tubuh membutuhkan asupan lemak dari makanan yang Anda konsumsi. Asam lemak esensial berfungsi mendukung sistem kardiovaskular, reproduksi, kekebalan tubuh serta susunan saraf. Tubuh manusia memerlukannya untuk membuat dan memperbaiki membran sel, meningkatkan kemampuan sel untuk memperoleh nutrisi optimal serta mengeluarkan produk limbah yang membahayakan dari dalam tubuh.
  
Karbohidrat
    Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi tubuh. Dalam tubuh, karbohidrat akan diubah menjadi glukosa. Dalam proses metabolisme tubuh, glukosa inilah yang akan diproses menjadi energi untuk aktivitas sehari-hari, terutama saat Anda melakukan latihan beban. Karbohidrat sehat bisa Anda dapatkan dari makanan yang berasal dari gandum.
    Gandum merupakan sumber karbohidrat sehat dan kaya serat, yang berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jika Anda masih ingin mengkonsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat, pilihlah nasi merah.
    Menurut penelitian, nasi merah merupakan sumber karbohidrat sehat yang mengandung antioksidan yang mampu mencegah timbulnya kanker, terutama kanker usus. Kandungan seratnya juga dapat mengatasi gangguan pencernaan dan cocok bagi Anda yang sedang diet.

Demikian embahasannya tentang asupan nutrisi penting untuk membantuk otot tubuh anda semoga bermanfaat, temukan info menarik tentang Suplemen Kesehatan



Temukan artikel terkait:  Asupan Nutrisi Ibu Hamil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar