Rabu, 10 Maret 2010

Menikmati Monumen Yogya Kembali (Monjali)

Didirikan untuk mengenang peristiwa bersejarah yaitu bebasnya Yogyakarta dari Pendudukan Belanda tahun 1949. Monumen ini terletak di Sariharjo, Ngaglik Sleman kira-kira 7 km dari Tugu Yogyakarta. Monumen ini berbentuk kerucut menpunyai gunung dan terdiri dari tiga lantai.

Lantai dasar punya pintu lurus dari barat ke timur sesuai dengan rotasi bumi. Pada lantai ini terdapat bermacam-macam display dan cerita lengkap mengenai peristiwa menjelang “Yogya Kembali”. Lantai kedua punya pintu lurus dari utara ke selatan, terjalin dengan garis fisalfat bangunan kraton Yogyakarta.


Lantai ini berisi cerita-cerita perjuangan yang dimulai dari saat Yogyakarta menjadi ibukota RI sampai peristiwa Yogya kembali. Lantai ketiga berada pada bagian paling atas, pada lantai ini tidak memiliki pintu para pengunjung bisa masuk ke ruangan ini melalui bagian bawah. Lantai ini punya satu ruang yang disebut “Gerba Graha” yang berarti ruang bersemedi. Nah bagi Anda yang ingin berwisata ke sini bisa menggunakan mobil pribadi atau jasa rental
mobil Yogyakarta. Jadi banyak transportasi dari dan menuju Yogyakarta. Jika ingin lebih nyaman bisa menggunakan jasa rental mobil Yogyakarta atau jika ingin banyak ‘pengalaman’ bisa menggunakan kendaraan umum.


supermilan.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar