Selasa, 19 Juni 2012

Tips Aman Liburan Keluar Negeri




Pergi liburan keluar negeri memang enak sekali tapi jangan lupa membawa kelengkapan surat-surat paspor dan perlengkapan lain selama liburan, liburan di negara lain memang beda pesonanya dengan negara sendiri, berikut ini ada beberapa tips untuk anda bila ingin liburan keluar negeri

Ketahui tingkat kriminalitas. Lakukan riset dan kenali area-area mana di negara tersebut yang merupakan kawasan dengan tingkat kriminalitas tinggi atau berbahaya bagi turis untuk masuk daerah tersebut.

Pelajari daerah tujuan wisata. Ketahui kejahatan apa yang biasanya terjadi di negara tersebut. Hindari pula gang-gang gelap dan kawasan kumuh. Namun ingat, di beberapa negara seperti di Eropa, kriminalitas seringkali terjadi bukan karena alasan ekonomi, melainkan karena pengaruh alkohol.

Simpan nomor darurat. Simpan nomor kepolisian setempat maupun KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) yang ada di negara tersebut. Jika Anda berencana untuk melancong dalam waktu yang lama di negara tersebut, tak ada salahnya Anda melakukan lapor diri ke KBRI setempat.

Kenali kebiasaan dan budaya setempat. Setiap daerah pasti memiliki kebiasaan yang berbeda-beda. Misalnya saja, seperti turis asal negara-negara barat saat berwisata di Indonesia, sebagian besar tidak tahu bahwa tidak sopan jika kita menyerahkan benda menggunakan tangan kiri.

Pikirkan pakaian yang ingin Anda kenakan. Walau udara panas, bukan berarti Anda langsung mengenakan celana super pendek dan kaus tanpa lengan. Kenali dulu apakah daerah tersebut dapat menerima seseorang menggunakan pakaian yang minim.

Jaga agar penampilan Anda tidak mencolok, seperti mengenakan perhiasan mahal. Apalagi jika Anda pergi sendiri atau dalam rombongan berjumlah kecil, tak perlu menenteng-nenteng kamera yang seakan menunjukkan bahwa Anda turis.

Jangan terlalu ramah. Sebagai orang Indonesia, merupakan hal wajar jika bersikap ramah bahkan kepada orang asing sekali pun. Namun, di negara-negara barat, keramahan ini bisa disalahartikan.

Pencar dokumen penting dan uang. Jangan menaruh kartu kredit, uang, kartu identitas, dan paspor di tempat yang sama. Pencarlah barang-barang tersebut. Uang pun dibagi-bagi, antara dompet dan tas. Juga letakkan uang di tempat tersembunyi, seperti di sepatu. Hal ini untuk menghindari situasi Anda dirampok.

Naik transportasi umum. Anda perlu mengetahui taksi yang dapat dipercaya di masing-masing negara. Minta rekomendasi dari pihak hotel. Kalau perlu, biarkan pihak hotel yang mencarikan taksi untuk Anda dan catatlah nomor taksi dan nama supirnya. Jika naik bus, pilih tempat duduk dekat sopir bus.

Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda saat liburan keluar negeri, temukan info menarik tentang biro jasa paspor

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar