Senin, 28 Mei 2012

Cara Terbaik Pemakaian Alat Gym Treadmill



Menggunakan alat Treadmill memang lebih menguntungkan ketimbang anda harus lari di jalanan dengan udara yang kurang baik, dengan menggunakan alat gym Treadmill Anda bisa memilih program ’Quick Start’ atau ’Manual’. Begitu Anda memilih, Anda telah masuk ke program dasar latihan lari. Setelah itu Anda tinggal menyesuaikan intensitas lari sesuai kebutuhan lalu Atur kecepatan dan tanjakan (derajat incline) sesuai dengan kekuatan Anda.

Ada beberapa langkah berikut yang perlu anda ikuti saat menggunakan alat Treadmill:

  1. Saat pertama kali menggunakan treadmill, Anda mungkin merasa sedikit pusing atau mengalami semacam disorientasi. Tak perlu khawatir. Keluhan ini akan hilang setelah dua-tiga kali berlatih. Namun bila Anda selalu pusing setelah melakukan treadmill, segera hubungi dokter spesialis olahraga.
  2. Jangan dibiasakan bergantung pada rel pegangan tangan yang biasa terdapat di kedua sisi mesin. Pertama kali menggunakan treadmill Anda boleh-boleh saja berpegangan di situ untuk memperoleh keseimbangan.
  3. Berlari di atas treadmill membutuhkan latihan. Mulailah dengan jalan perlahan-lahan. Lalu secara bertahap tingkatkan kecepatan jalan lalu lari. Pastikan Anda berlari di bagian depan mendekati monitor mesin treadmill. Sehingga bila sewaktu-waktu dibutuhkan Anda bisa dengan mudah menjangkaunya.
  4. Hindari menggunakan mesin treadmill bersistem self-powered, yang baru bergerak bila Anda berjalan atau berlari di atasnya. Jangankan bagi pemula. Mereka yang sudah terbiasa bertreadmill pun umumnya kurang nyaman dengan alat model begini.

Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda, saat menggunakan alat gym Treadmill.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar