Jumat, 28 Januari 2011

Belajar Tentang Ilmu Karya Seni

Banyak orang mendefinisikan tentang karya seni diantaranya yaitu Herberd dan Lowenfield(1982) menyatakan bahwa seni pada dasarnya sacara fundamental seni merupakan organic dan fenomena yang dapat di ukur. Seni memiliki dua prinsip bentuk keaslian yang mana bentuk adalah fungsi persepsi dan keaslian adalah fungsi imajinasi.


Seni mempunyai beberapa fungsi dan tujuan diantaranya sebagi berikur:

1. Fungsi Religi/Keagamaan

Fungsi religi ini dapat terlihat diantaranya pada seni kaligrafi yang menuliskan ayat-ayat Alqu’an dengan memperhatikan nilai keindahan tulisan.

2. Fungsi Pendidikan

Fungsi pendidikan dapat dilihat pada materi tentang seni misalnya seni musik dengan mempelajari berbagai jenis musik ataupun alat musik, seni rupa, seni tari dan sebagainya.

3. Fungsi Komunikasi

Yaitu pada pembuatan papan reklame sebagai alat penyampaian informasi suatu produk, poster, pertunjukkan wayang yang menjelaskan tentang sejaran agama islam.

4. Fungsi Rekreasi

Seni berfungsi melepas kejenuhan ataupun menghilangkan kesedihan (yang sifatnya menghibur).

5. Fungsi Artistik

6.Fungsi Guna/Terapan

Dalam menciptakan sebuah karya seni selalu memperhitungkan nilai guna dari baranga yag diciptakan.

7. Fungsi Kesehatan.

. Kreativitas

Kreativitas adalah suatu proses berpikir dan bertindak seseorang yang menghasilkan suatu gagasan atau ide ataupun karya baru yang orisinil. Jika hasil dari pemikiran atau tindakan seseorang itu tidak bersifat orisinil maka belum dapat dikatakan sebagai hasil kreativitas.

. Estetika

Setiap karya seni akan lebih bermakna jika mempunyai nilai estetika atau keindahan, karena orang melihat atau mendengarnya dapat merasakan kekaguman dan kesenangan terhadap sebuah karya seni.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar