Rabu, 26 Januari 2011

Kenali Yunani Lebih Jauh Lagi

Yunani adalah negara yang banyak memberikan sumbangan besar bagi kemajuan manusia dewasa ini. Sumbangan Yunani yang besar itu terwujud dalam berbagai bidang, mulai dari bidang pengetahuan, kesenian, arsitektur, sistem pemerintahan, sampai pada bidang agama. Dari bidang pengetahuan, Yunani telah melahirkan sejumlah besar tokoh ilmu pengetahuan seperti Pythagoras, Hipocrates, Euclid, Archimedes, Thales, Analisagoras, Democritus, Heroditus, dan Thucydides. Mereka adalah tokoh-tokoh zaman dahulu yang sangat berperan dalam kemajuan ilmu pengetahuan di berbagai bidang dewasa ini. Sementara dari bidang pemerintahan,


Selain dari bidang pengetahuan dan sistem pemerintahannya, hal yang paling terkenal dari kebudayaan Yunani adalah peninggalan budayanya. Peninggalan budaya Yunani salah satunya adalah bidang sastra yang meliputi hasil karya tulis dan teater/drama Yunani. Salah satu hasil kesusasteraan Yunani yang terkenal adalah kitab Illiad dan Oddyseia karangan Homerus.

Namun dari semua hasil kebudayaannya, peninggalan budaya Yunani yang paling menonjol adalah seni bangunan (arsitektur) dan seni pahatnya. Begitu banyak patung dewa-dewi yang masih dapat kita lihat di jaman sekarang, patung-patung itu telah menampakkan bentuk dan mimik yang mirip dengan manusia. Ini merupakan hal yang jelas membedakan seni patung Yunani dengan seni patung negara lain. Begitu juga dengan seni bangunannya,terlihat jelas para arsitek rumah yunani zaman dahulu begitu maju . Berbagai kuil pemujaan indah, seperti Parthenon dan Erechteum, masih dapat kita saksikan kini. Satu hal dari peradaban Yunani yang paling menonjol adalah kepercayaannya tehadap dewa-dewa, yang sampai sekarang masih merupakan dasar dari semua agama yang ada di dunia. Dewa-dewa Yunani hingga kini masih dapat kita saksikan perwujudan dan cerita-ceritanya melalui cerita dan patung- patungnya. Yunani juga terkenal dengan para filsuf / pemikirnya, beberapa di antaranya yang terkenal adalah Aristoteles, Socrates, dan Plato.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar