Rabu, 26 Januari 2011

Sekilas Tentang Musik Blues Dan Cara Mempelajarinya

Sangat rumit untuk menjelaskan musik blues dari mana seharusnya mulai karena teori sangat luas. Saya cuma mengantarkan user website ini ke tahap yang cukup sebagai dasar melangkah dan menyenangi genre ini. Dengan dasar ini anda akan sangat mudah nantinya mendengar nada blues dari para musisi dunia dan nada apa yang mereka mainkan.

Lalu Kenapa Harus Menyukai Blues?

Karena banyak hit muncul dari genre ini misal Red House, Little Wing (Jimi Hendrix ). Ya paling nggak acuannya dari Top 100 gitaris virtuoso hampir 80% mereka datang dari Genre blues. Atau rata-rata mereka berasal dari Western dan kayaknya western identik dengan blues dan turunannya sementara dari Europe memainkan Classic. Dan menurut saya garis besar perbedaan musik berada pada musik Amerika (blues-pentatonic) dan Musik Eropa (klasik-diatonic) ya tentu dengan penjabaran lanjutannya. Karena ini site blues maka penjabaran akan sampai ke scale-scale penting yang harus dipahami kalau ingin memainkan blues. Bisa blues gampang ke rock n roll, rockabilly juga ke jazz karena ada modes.


Metode Belajar di Made Blues

Saya nggak akan ngomong banyak sama teori tetapi langsung praktek layaknya anda mengikuti les musik. Kalau perlu silahkan cari dan baca di tempat lain. Belajar musik ibarat belajar bahasa. Misalnya tata bahasa dan kosa kata. Semakin banyak kosa kata semakin banyak yang bisa diucapkan. Jadi ikuti saja teori praktis dan contoh dasar yang disajikan maka tidak begitu lama anda akan bisa memainkan kalimat nada. Karena blues itu nadanya itu-itu saja maka memainkan nada musisi lain sah-sah saja dan banyak musisi papan atas blues adalah influenced atau terpengaruh blueser pendahulu. Sebut saja SRV salah satu terpengaruh oleh T-Bone Walker atau Eric Clapton memainkan Robert Johnson. Atau Chuck Berry hampir mempengaruhi rhytm blues pada umumnya. Pokoknya tiru habis nada para musisi itu kalau mampu.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar