Kamis, 12 Januari 2012

Mengenal Bahan Pembuatan Genteng










Distributor Genteng – genteng dalam sebuah bangunan rumah memiliki peranan yg sangat vital, seindah apapun rumah tanpa genteng  belum bisa dikatakan sebuah rumah, fungsinya yg sebagai pelindung dan kenyamanan tuk penghuninya baik itu siang atau malam hujan maupun panas menjadi buktinya. Namun seiring perkembangan arsitektur, genteng tak hanya sebatas pelindung sebuah rumah semata, kini peranan genteng bergeser kearaha yg lebih luas.

Penyesuaian model rumah yg hendak dibangun sangat mempengaruhi warna dan jenis genteng yg akan kita ambil, karena penyesuai bangunan rumah dan pemilihan genteng yg tepat dapat menambah nilai estetika pada sebuah hunian. Sehingga ketika Anda akan memilih atap genteng, sebaiknya Anda sesuaikan dgn desain rumah secara keseluruhan.

Banyak varian genteng sekarang ini mumbuat kita sering kali binggung genteng mana yg hendak kita ambil tuk atap rumah kita, Berikut adalah beberapa material genteng yg mungkin bisa dipilih tuk rumah Anda:

Genteng tanah liat, genteng katagori ini terbuat dari tanah liat yg ditekan / di-press. Kemudian dipanaskan menggunakan bara api dgn derajat kepanasan tertentu. Daya tahan genteng jenis ini sangat kuat. Tuk pemasangan, diperlukan teknik pemasangan kunci / kaitan genteng  pada rangka penopang. Selain tampilan alami berwarna oranye kecoklatan hingga merah terakota, Anda juga bisa mewarnai genteng tanah liat. Kini, telah tersedia berbagai macam pilihan warna-warni yamg menarik

Genteng metal atau genteng berbahan logam, memiliki ukuran yg lebih besar dari genteng tanah liat, yaitu sekitar 60-120 cm, dgn ketebalan 0,3 mm. Pemasangan genteng ini tidak jauh beda dgn genteng dari tanah liat. Karena memiliki ukuran yg lebih lebar maka dapat mempercepat waktu pemasangan pada sebuah rumah. Genteng jenis ini biasanya memerlukan sekrup tuk pemasangannya agar tidak mudah terbawa angin karena bobotnya  lumayan ringan. Pilihan warna genteng metal yg tersedia sangat variatif dan menarik. Kombinasi warna atap dan dinding fasade bangunan dapat menciptakan harmoni warna yg menarik.

Genteng aspal, material genteng yg satu ini bersifat solid namun tetap ringan, terbuat dari campuran lembaran bitumen (turunan aspal) dan bahan kimia lain. Ada dua model yg tersedia di pasaran. Pertama, model datar bertumpu pada multipleks yg menempel pada rangka, dan jenis yg kedua, model bergelombang yg pemasangannya cukup disekrup pada balok gording.

Genteng kaca, genteng ini dipakai agar sinar matahari dapat masuk ke dalam ruangan secara langsung sehingga menghemat konsumsi listrik tuk penerangan. Material genteng ini terbuat dari kaca. Genteng ini mempunyai bentuk yg terbatas sehingga kompatibel/sesuai dgn beberapa jenis genteng tertentu saja.

Genteng keramik, genteng ini memiliki warna yg cukup banyak karena pada saat proses finishingnya dilapisi pewarna  pada bagian atasnya (glazur). Bahan utama genteng ini adalah keramik.

Sumber: edupaint.com


Info Terkait:
Distributor Genteng

Tidak ada komentar:

Posting Komentar