Kamis, 12 Januari 2012

Mengenal Part dari Forklift Dan Fungsinya




Spare Part Forklift - Forklift alat bantu kendaraan yg sering digunakan tuk berbagai keperluan khususny tuk mereka yg berkecimpung dalam dunia logistic, dimana fungsi utamanya sebagai alat transportasi dan pengangkat barang-barang khusunya tuk barang-barang berat.

Tuk menjaga keawetan sebuah forklift dibutuhkan perawatan tersendiri, pergantian spare part forklift pada bagian-bagian yg rusak menjadi keharusan guna memperpanjang masa guna forklift dan juga agar tidak berimbas pada bagain-bagaian yg lain.

Perawatan forklift tidak hanya sebatas pada pergantian spare part forklift yg telah rusak numun termsuk cara pakai itu sendiri, tuk lebih mengenal pemakaian sebuah forklift berikut ini beberapa bagian dari forklift yg harus adan ketahui

Fork, merupakan bagian utama dari kendaraan forklift yg berfungsi sebagai penopang tuk membawa dan mengangkat barang. Fork berbentuk dua buah besi lurus dgn panjang rata-rata 2.5 m. Posisi peletakan barang di atas pallet masuk ke dalam fork juga menentukan beban maksimal yg dapat diangkat oleh sebuah forklift

Carriage, Carriage merupakan bagian dari spere part forklift yg berfungsi sebagai penghubung antara mast dan fork. Ditempat inilah fork melekat. Carriage juga berfungsi sebagai sandaran dan pengaman bagi barang-barang dalam pallet tuk transportasi atau pengangkatan.

Mast, Mast merupakan bagian utama terkait dgn fungsi kerja sebuah fork dalam forklift. Mast adalah satu bagian yg berupa dua buah besi tebal yg terkait dgn hydrolic system dari sebuah forklift. Mast ini berfungsi tuk lifting dan tilting.

Overhead Guard, Overhead guard adalah pelindung bagi seorang forklift driver. Fungsi pelindungan ini terkait dgn safety user dari kemungkinan terjadinya barang yg jatuh saat diangkat atau diturunkan, juga sebagai pelindung dari panas dan hujan.

Counterweight, Counterweight merupakan bagian penyeimbang beban dari sebuah forklift. Letaknya berlawanan dgn posisi fork.








sumber: logisticology.com

Info Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar