Kamis, 19 Juli 2012

Enaknya Menu Makan Siang Ala Jepang Untuk Anak




Makan siang untuk anak memang memerlukan gizi yang cukup yaitu cukup protein, karbohidrat dan serat dan vitamin tentunya berikut ini ada beberapa cara jepang panduan menu asupan gizi makan siang untuk anak:

1. Harus bervariasi. Jenis hidangan berganti-ganti setiap hari, agar anak mendapat pengalaman makan yang kaya, tidak bosan dan mendapat nutrisi lengkap. Menu makan siang juga memasukkan sayur dan buah-buah yang sedang musim, misalnya komatsuna (bayam Jepang).

2. Buatan sendiri, lezat dan aman. Yoshida berkata, "Ketika memasak sup, kami menggunakan kaldu dari tulang ayam atau sapi, bukan kaldu bubuk atau penyedap rasa. Kami juga tidak membubuhkan terlalu banyak gula atau garam ke masakan. Anak-anak dibiasakan pada rasa alami makanan, agar lidah mereka terpuaskan dengan rasa alami."
Menurutnya, keuntungan memasak sendiri adalah bahan makanan lebih terkontrol, sehingga hidangan lebih sehat dan aman. Untuk alasan keamanan pula, makanan di sekolah selalu dimasak pada hari yang sama ketika bahan makanan dibeli. Dan, bebas dari makanan mentah, seperti sushi dan sashimi.

3. Menghindari penyakit degeneratif. Berbagai penyakit gaya hidup, menyerang sejak usia dini. Jumlah anak yang menderita obesitas, tekanan darah tinggi dan diabetes saat ini di Jepang meningkat. Para ahli kesehatan di Jepang meyakini, jika anak terlalu banyak makan sumber lemak hewani (daging sapi, kambing, babi, ayam, mentega dan lain-lain), kadar kolesterol di tubuh meningkat, menambah risiko pengerasan pembuluh darah. Meski ikan termasuk hewan, namun kadar kolesterolnya rendah, berkat kandungan DHA (Docosahexaenoic acid) dan EPA (Eicosapentaenoic acid).

DHA berfungsi melancarkan aliran darah dan meningkatkan aktivitas otak. EPA menetralisir lemak dan melancarkan aliran darah. Itu sebabnya anak-anak di Jepang diwajibkan banyak makan ikan, terutama ikan perairan dalam atau blue fish seperti sardin, makarel, tuna, salmon dan lain-lain.

Konsumsi garam dan gula juga dibatasi untuk menghindari penyakit tekanan darah tinggi dan diabetes. Sebaliknya, sumber serat seperti rumput laut, jamur, sayuran dan polong-polongan, dipastikan selalu ada dalam menu makan siang.

4. Tekstur mudah dikunyah. Ini untuk melatih keterampilan mengunyah anak-anak. Mengunyah dengan benar, membantu pertumbuhan dagu dan gigi-geligi, mencegah gigi berlubang, mencegah makan berlebihan dan obesitas. Juga, diyakini dapat menstimulasi dan membantu otak bekerja lebih baik.

5. Menghargai budaya makan tradisional. Bangsa Jepang kaya akan makanan tradisional yang sehat, yang telah ribuan tahun diwariskan dari generasi ke generasi. Namun, Pemerintah Jepang mensinyalir dewasa ini ada kecenderungan orang tua jarang menghidangkan makanan tradisional di rumah, seperti okara (sejenis polong-polongan), rumput laut jenis konyaku, hijiki, kelp dan ikan kecil seperti bonito kering.

6. Menikmati makan siang dengan sopan. Tidak sekadar makan, Shokuiku di sekolah juga mengajarkan anak mematuhi tata tertib makan, agar tidak mengganggu anak lain. Agar makan siang di sekolah selalu menarik, secara berkala digelar acara makan di luar ruangan (outdoor), pilihan menu ditambah, murid boleh memesan makanan tertentu, makan ala prasmanan atau sambil belajar table manner.

Demikian pembahasannya semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda, temukan info menarik tentang resep kue basah tradisional


Temukan artikel terkait: Waktu Makan Malam Bersama Keluarga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar