Kamis, 09 Agustus 2012

Mengatasi Tidur Ngorok




Tidur mendengkur bisa saja terjadi pada anda dan siapa saja, yang pasti karena pernafasan yang mulai menyempit sehingga orang tidur mendengkur, bagaimana cara agar anda tidak mendengkur saat tidur ?, berikut tipsnya:

Posisikan tubuh kamu miring di saat tidur.
Bila kamu tidur telentang, maka otot di sekitar lidah jatuh ke belakang sehingga akan menghalangi jalur pernapasan. Hal tersebut dapat menyebabkan timbulnya bunyi atau dengkuran. Oleh karena itu, sebaiknya kamu jangan tidur dalam posisi telentang, tetapi tidurlah dalam posisi miring.

Mendengkur biasanya juga disebabkan oleh pola tidur yang tidak baik. Orang yang mendengkur seringkali memiliki pernafasan yang tidak seimbang saat tidur. Buatlah pola tidur kamu menjadi lebih baik dan teratur agar pernafasan kamu menjadi lebih teratur. Tidur 8 jam sehari, sehingga tubuh bisa beristirahat dengan baik.

Hindari konsumsi beberapa obat.
beberapa obat, seperti obat flu, obat sakit kepala, ataupun obat penghilang rasa cemas dapat menyebabkan terjadinya gangguan napas pada saat tidur. Bahkan obat tidur pun memiliki efek yang sama.

Hindari Alkohol.
Alkohol dapat mengakibatkan terjadinya penekanan pusat napas yang berada di otak, sehingga menyebabkan seseorang mendengkur. Oleh karena itu, hindarilah minuman yang memabukkan ini semata untuk kesehatan kamu.

Hindari kegemukan.
Ternyata kegemukan juga dapat menjadi pemicu seseorang mendengkur. Jika memang kegemukanlah penyebabnya, maka ada baiknya kamu usahakan agar berat badan kamu turun minimal sebesar 10%, sehingga dapat kembali melegakan jalan napas ketika tidur.

Hindari Alergi.
Pada orang-orang tertentu, alergi dapat juga menjadi pemicu terjadinya dengkuran. Oleh karena itu bagi kamu yang memiliki riwayat alergi, hindarilah faktor pencetusnya.

Tidak Merokok.
Perlu kamu ketahui bahwa merokok dapat menyebabkan tidur seseorang menjadi mendengkur, karena sesungguhnya merokok memberikan pengaruh negative pada pernafasan kamu. Alangkah baiknya jika kamu menghindari merokok.

Bila perlu Operasi.
Dalam hal ini yang menjadi penyebabnya adalah amandel. Bila hal itu yang terjadi, maka sebaiknya segera lakukan operasi, karena amandel mudah sekali kambuh. Dengan dioperasi maka tidak akan kambuh dan mendengkur tidak akan terjadi lagi. Sebaiknya untuk hal ini konsultasikan dahulu dengan dokter kamu.

Demikian tipanya semoga bermanfaat untuk anda saat tidur agar tidak mendengkur, temukan info menarik tentang bantal selimut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar