Selasa, 12 Juni 2012

Perihal Menyetir Mobil Saat Cuaca Hujan



Saat musim hujan orang di tuntut untuk berhati hati dalam mengendarai mobil karena licinnya jalanan dan genangan air serta lobang pada jalan yang tak di duga, membuat orang harus lebih berhati-hati dalam berkendara agar tidak celaka, untuk mengendarai mobil pada cuaca musim hujan ada beberapa tips berikut:

1. Pahami Kendaraan Anda saat melalui jalanan yang tergenang air anda harus memperhitungkan apakah mobil yang anda gunakan mampu melalui genangan air tersebut dengan aman tidak kemasukan air pada filter saringan udara dan mesin

2. Hindari Aqua Planning adalah suatu keadaan dimana terdapatnya air di antara ban dan permukaan jalan, biasanya bila pengemudi menggunakan kecepatan yang tinggi sehingga membuat mobil yang anda gunakan terasa seperti melayang, oleh kerena itu gunakanlah kecepatan yang rendah dan turunkan transmisi gigi perseneling agar mobil anda dapat menapak pada jalanan yang tergenang air

4. Imbangi pengereman dengan engine brake, Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari hilangnya traksi (slidding), hingga pengendalian kendaraan menjadi kurang terjaga. Dengan pengereman yang dibantu engine brake, traksi ban akan selalu terjaga. Pengereman jadi lebih aman dan optimal.

5. Hindari pengereman mendadak (emergency brake), Jika sampai harus melakukan pengereman, usahakan kaki bergerak seolah-olah seperti sifat Antilock Brake System, yaitu tekan-angkat. Jadi lakukan pengereman dengan cara menginjak pedal rem, lepaskan kemudian injak lagi. Lakukan beberapa kali. Hal ini memang memerlukan jam terbang dan pengalaman khusus mengenal karakter rem kendaraan kita sendiri.

6. Amati segala sesuatu yang terjadi dengan mobil di depan, Pada saat kendaraan harus melalui genangan air yang dianggap cukup dalam ±50 cm, sehingga permukaan jalan tak tampak. Kemudian ada sesuatu yang terjadi dengan mobil di depan kita, misalnya terperosok lubang yang dalam. Anda tak perlu melakukan kesalahan yang sama. Saat melintas di tempat sama, pilih sebelah kiri atau kanan tempat lubang tadi.

7. Amati genangan air yang terendah, Jika diamati, mobil yang melewati daerah banjir tentu menyebabkan terjadinya gerakan atau gelombang air di belakangnya. Nah, antisipasi kita saat berada di belakang kendaraan lain adalah memilih atau menyesuaikan jarak mobil dengan mobil di depan, dimana terjadi gelombang air yang paling rendah.

8. Toleran dengan pemakai jalan yang lain, Sewaktu berkendara di jalan tentu saja banyak pemakai jalan yang lain. Seperti pejalan kaki, sepeda, motor, atau kendaraan yang lain. Yang perlu diingat adalah mereka juga punya hak yang sama seperti kita, untuk mendapatkan kenyamanan saat berkendara. Misalkan sewaktu ada pejalan kaki di trotoar, sebaiknya kurangi kecepatan sampai tak menimbulkan percikan air yang bisa mengenai pejalan kaki tersebut.

9. Kurangi tekanan ban untuk menambah kemampuan traksi, bila perlu kurangi tekanan ban 1 atau 2 spek. Misalnya pada keadaan normal tekanan ban Kita 30 psi, untuk menghadapi musim penghujan ini sebaiknya dikurangi menjadi 28psi. Tapi jangan lupa pada saat keadaan normal tambahkan tekanan seperti sebelumnya.

10. Kendarai mobil sedikit ke tengah, Karena kondisi permukaan jalan tak tampak tertutup air, maka batas antara aspal dan bahu jalan tak kelihatan. Biasanya ada beda ketinggian di situ. Untuk menghindari terperosok ke bahu jalan, sebaiknya ambil haluan sedikit ke tengah.

11. Keringkan rem mobil dengan cara menginjak pedal rem dengan kaki kiri dan gas dengan kaki kanan secara bersamaan. Atur supaya mobil tetap dapat berjalan dengan pelan. Tak usah sampai terlalu jauh, kira-kira 10m sudah cukup. Dengan begitu akan timbul panas yang akan mempercepat keringnya tromol rem.

12. Hindari Water Hammer yaitu kerusakan yang ditimbulkan karena masuknya air ke dalam mesin (ruang pembakaran), karena dapat menyebabkan banyak kerusakan seperti piston pecah, bengkoknya stang piston. Pasalnya kerja kompresi oleh piston menjadi berat karena air tak mampu dikompresi.

Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda, temukan info menarik tentang rental mobil surabaya

Temukan Artikel Terkait: Trik Menghemat BBM Saat Berkendara

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar