Selasa, 12 Juni 2012

Trik Terbaik Menghemat BBM Saat Berkendara




Menghemat bahan bakar memang harus di lakukan saat berkendara, meningkatnya harga minyak dunia, membuat orang harus berhemat bahan bakar terutama dalam berkendara karena berkendara menggunakan bahan bakar minyak paling banyak dibanding aktifitas lain, berikut ada beberapa tips menghemat BBM dalam berkendara:



1. Mesin dengan kondisi prima & optimal terutama pada sistem pembakaran, supply bahan bakar dan pengapiannya. karena pembakaran yg tidak optimal menyebabkan pemborosan BBM. Untuk mobil tahun 2000 keatas hampir semua sudah menggunakan sistem pengapian elektronik sehingga lebih efisien.

2. Ban harus sesuai dengan spesifikasi kendaraan, demikian pula tekanan anginnya. Penggunaan ban yg terlalu besar dan lebar akan membuat mesin bekerja lebih berat dan akhirnya lebih boros BBM. Tekanan angin yang kurang juga membuat boros BBM.

3. Penambahan aksesoris eksterior seperti bagasi di atas kabin dan pemasangan spoiler tambahan yang tidak sesuai dgn Aerodinamika akan menambah hambatan angin. Akibatnya BBM akan lebih boros.

4. Cara mengemudi yang salah salah bisa membuat konsumsi BBM melonjak sampai 20%.

5. Akselerasi dan deselerasi adalah hal yang paling dominan dalam menghemat BBM. Upayakan tidak melakukan akselerasi dan deselerasi secara mendadak. Injak pedal gas dgn kalem, jgn menghentak. Demikian pula saat melepas pedal gas.

6. Untuk berkendara jarak jauh, upayakan pada kecepatan jelajah secara konstan. Mobil memiliki kecepatan jelajah (cruising speed) sendiri-sendiri tergantung dari tenaga mesin dan ratio giginya. Pada beberapa mobil mewah tersedia indikator konsumsi BBM sehingga dengan mudah kita bisa tahu pada RPM dan kecepatan berapa konsumsinya paling irit.

7. Antisipasi kondisi lalu lintas di depan. Apabila ada hambatan (mis traffic light) di depan kita lebih baik kita mengurangi kecepatan secara gradual. disamping hemat BBM juga hemat sepatu rem.

8. Kenali jalan dan kondisi lalu lintas. Pada kondisi jalan di kota besar seperti Jakarta dimana sering terjadi kemacetan, mengenal jalan-jalan Alternatif sudah merupakan suatu keharusan. Di samping hemat waktu juga hemat BBM. Ingat, kondisi "stop and go" sangat menguras konsumsi BBM.

9. Jangan memanaskan mesin mobil terlalu lama di pagi hari, apalagi sambil menghentak-hentak pedal gas sampai mobil meraung-raung. Mobil sekarang sudah modern sistem pelumasannya, demikian pula teknologi minyak pelumas. Cukup panasi mesin mobil sekedarnya asal putaran mesin sudah stabil. Untuk mobil bensin biasanya tidak sampai 5 detik putaran mesin juga sudah stabil. Setelah itu jalankan mobil dengan RPM rendah (1500-2000 RPM) pada gigi rendah selama 5 menitan. Jadi sambil jalan sambil kita panaskan mesin. Baru setelah itu mobil bisa dikendarai dengan biasa pada kecepatan normal. Lumayan cara ini bisa menghemat 2-3 liter BBM per bulan.

Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda dalam menghemat BBM, temukan info menarik tentang, rental mobil aceh


Temukan Artikel Terkait: Tips Keselamatan Dalam Berkendara

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar