Senin, 11 Juni 2012

Perihal Perawatan Rantai Motor



Saat musim hujan tiba bagian rantai memang sering jadi masalah karena korosi karat oleh karena itu perlu perhatian khusus agar tetap prima saat berkendara, berikut ada beberapa tips dalam merawat rantai motor:

1. Periksalah bagian lain rantai secara teliti. Salah satu bagian yang perl diperiksa adalah pin dan sambungan. Apakah pemasangan sudah benar? Lihat, apakah ada perubahan pada posisi pin dan sambungan. Sebab, jika terjadi kesalahan dalam pemasangan atau posisi klip atau penguncinya berubah, dapat menyebabkan rantai lepas dari sambungan. Biasanya hal ini terjadi ketika Anda memacu sepeda motor dengan kecepatan tinggi atau memacu sepeda motor dengan beban berat.
2. Ukurlah tingkat kekencangan pada rantai. Jarak sambungan atau ukuran kekencangan dapat mempengaruhi kencang ataupun kendurnya rantai. Oleh sebab itu, simpangan atau jarak kekencangan rantai harus pula diperhatikan. Informasi tetang hal tersebut dapat Anda lihat pada stiker yang ada di bagian tutup rantai roda.
3. Periksalah posisi antara rantai dengan penutupnya. Aturlah posisi rantai dengan menghidari terjadinya gesekan antara rantai penutup, sehingga dapat mengurangi keluarnya suara yang bising.
4. Pilihlah pelumas yang tepat sehingga membantu mengurangi keausan rantai. Pelumas juga akan membantu umur rantai lebih awet.
5. Segeralah periksa jika terdengar bunyi-bunyi aneh yang keluar dari rantai. Biasanya, salah satu penyebabnya adalah karena longgarnya rantai sepeda motor.
6. Periksalah kebersihan rantai sepeda motor. Perawatan rantai perlu dilakukan secara berkala dan hal ini penting karena dapat mempengaruhi kekuatan rantai sepeda motor.

Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda dalam merawat rantai motor, temukan info menarik tentang peluang usaha cuci motor salju

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar