Rabu, 13 Juni 2012

Tau Memeriksa Mesin Mobil Yang Sulit Di Stater



Memeriksa mesin saat mogok tak mau hidup saat di stater memeng sulit karena anda belum tau penyemabnya tapi anda tak perlu khawatir berikut ini ada caranya ada 3 hal yang perlu anda periksa saat mobil sulit di stater:

1. Cek Kondisi Aki/Accu
Hal Pertama yang bisa dilakukan saat mobil mogok adalah memeriksa Aki/Accu, jika aki mati maka dynamo stater tidak bisa bekerja sehingga mobil tidak mau menyala. Cara mudah mengetahuinya, lakukan kontak /acc nyalakan semua lampu dan coba bunyikan klakson, apabila lampu redup dan klakson terdengar lemah atau bahkan kedua komponen tersebut tidak bekerja, maka aki / accu Anda sudah lemah, atau sudah mati. Gunakan kabel “jumper” sebagai alat “P3K” dengan cara menyambungkan aki mobil Anda dengan aki pada mobil lain. Tunggu 2-5 menit dan coba untuk menghidupkan kembali mesin Anda. Jika aki/accu ternyata sudah “basi” maka Anda harus menggantinya, dan apabila aki /accu Anda tergolong baru (1-6 bulan) maka hal yang perlu Anda periksa berikutnya adalah Altenator.

2. Cek Sekring
Buka kotak sekring dalam bak mesin Anda, lalu periksa adakah sekring yang putus. Biasanya bila mobil mogok, sekring yang putus pasti berkaitan dengan sistim bahan bakar atau sistim pengapian. Jika masalah muncul dari sekring yang putus, Anda hanya perlu menggantinya dengan yang baru dan seharusnya masalah Anda sudah terselesaikan. Pastikan sekring pengganti memiliki ukuran hambatan (ohm/Ω) yang sama dengan yang sebelumnya dan selalu sediakan sekring cadangan saat bepergian hanya untuk berjaga-jaga.

3. Cek Pompa Bensin
Setelah melakukan pengecekan aki/accu dan sekring, cara lainnya adalah melakukan pengecekan pompa bensin dengan melakukan kontak /acc. Pertanda kalau pompa bensin masih bekerja dengan baik adalah apabila saat Anda melakukan kontak/acc, terdengar bunyi mendengung. Jika tidak kemungkinan besar permasalahan muncul dari pompa bensin. Tidak seperti menyediakan kabel “jumper” atau sekring cadangan, pompa bensin relatif mahal dan tidak bisa diprediksi kapan pompa bensin Anda akan rusak. Cara pencegahannya periksalah kondisi pompa bensin Anda apabila bunyi mendengung lebih kencang dari biasanya. Bila tanda pompa bensin menyala dan sistim kelistrikan bekerja secara normal maka sangat mungkin masalah disebabkan oleh selang bensin yang bocor.

Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda saat mengalami kesulitan kesulitan menghidupkan mesin, temukan informasi menarik tentang mobil nissan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar