Rabu, 16 Juni 2010

Tips Bikin Label Musik Sendiri



Apakah Anda ingin merilis musik sendiri, album musik pop-melayu teman Anda atau band dari negara lain yang baru saja Anda tahu. Pastinya Anda akan membutuhkan modal, koneksi dan ketekunan untuk memulai Label Musik rekaman sendiri.

Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

1. Tentukan jenis label Anda akan mulai. Ribuan label rekaman di luar sana, sehingga Anda harus menentukan apa yang sesuai dengan Anda. Sebagai contoh, sementara mungkin saat ini sedang gandrung-gandrungnya genre musik hip-hop, Anda dapat memutuskan untuk memulai sebuah label hip-hop bertemakan politik dan menandatangani band dengan pesan politik dalam lirik mereka.

2. Untuk awalnya Anda juga harus memutuskan lingkup label Anda, apakah Anda ingin melakukannya hanya untuk bersenang-senang menyalurkan hobi atau berniat untuk meraup keuntungan. Ingat, cukup sulit mengangkat label musik indie, untuk mengubahnya menjadi salah satu mesin pencetak uang.

3. Tentukan nama label Anda. Usahakan pilih nama asli yang tidak terdengar terlalu mirip dengan label lain. Periksa database online dan situs-situs seperti Kantor Hak Cipta untuk melihat apakah nama yang Anda pilih sudah digunakan oleh label rekaman lain atau bisnis musik.

4. Cari sumber modal. Menjalankan Label Musik yang sukses membutuhkan modal. Anda perlu mengeluarkan biaya untuk promosi, CD, desain grafis, sebuah situs web dan hal lainnya. Jika Anda mengenal seseorang yang mungkin tertarik dalam menjalankan label dengan Anda dan yang memiliki banyak uang dan keahlian untuk menawarkan, pertimbangkan untuk memulai kemitraan usaha.

5. Daftar label Anda sebagai sebuah bisnis. Tentukan bagaimana struktur bisnis Anda, apakah itu kepemilikan tunggal, sebuah perusahaan atau PT (perseroan terbatas).

6. Survei band. Pergi ke acara yang menampilkan banyak band-band baru. Atau Cari di situs seperti ReverbNation, MySpace dan Purevolume. Ambil nasihat teman Anda untuk memeriksa band tertentu. Negosiasi kontrak dengan band-band ini.

7. Jika band yang Anda kontrak belum memiliki album, segera buat albumnya. Biayai semua atau sebagian dari biaya rekaman. Atau setidaknya buat CD demo yang berkualitas untuk mengefektifkan biaya.

8. Bekerjasama perusahaan pembuat CD. Setelah pendistribusi CD. Setelah itu atur kesepakatan dengan sebuah perusahaan distribusi untuk mendistribusikan musik secara digital dan fisik.

9. Langkah terakhir adalah promosikan band dan musik mereka. Kontak stasiun radio dan internet. Pasang iklan dalam majalah atau sebarkan pada situs jaringan sosial seperti MySpace dan Facebook.

entertainment.id.finroll.com

Temukan semuanya tentang Bisnis & Pasang Iklan: Iklan & Jasa - Iklan Baris & Iklan Gratis - Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar