Senin, 08 November 2010

Membuka Lapangan Kerja Melalui Kursus Montir Motor



20 pemuda putus sekolah di kelurahan Karet Tengsin, Tanah Abang mengikuti kursus ketrampilam montir motor. Kursus Montir motor sepenuhnya biayai oleh dana PPMK bina social.

“Ini jenis ketrampilan memperbaiki sepeda motor yang dewasa ini banyak dibutuhkan masyarakat seiring makin bertambahnya jumlah sepeda motor,” ujar Ketua Dekel Karet Tengsin H Amarullah Ayub.

Diharapkan usai pelatihan Kursus Montir Motor, peserta bisa mencari pekerjaan dengan berbekal ketrampilan yang sudah ada. Bahkan tidak menutup kemungkinan bisa buka bengkel sendiri.

Camat Tanah Abang, Edy Supriyadi, didampingi Lurah Karet Tengsin, M Maskur menyatakan sangat mendukung pelatihan montir sepeda motor tersebut. “Kalau bisa jangan sekedar Kursus Montir Motor, tetapi berikan akses kepada para pemuda untuk bisa buka bengkel sendiri,” katanya.

Karena saat ini  jumlah lapangan kerja semakin terbatas, sementara tiap tahun angka pencari kerja terus bertambah banyak. Dengan dimilikinya keterampilan montir, bisa saja menciptakan lapangan kerja sendiri misalnya membuka bengkel.

Untuk modal kerja awal maupun perlengakan bengkel lanjut Camat, bisa saja diupayakan melalui koperasi jasa keuangan (KJK) yang ada di Kelurahan. “Kami akan bantu rekomendasi”, tegas Camat.

Tahun ini Karet Tengsin mendapat kucuran dana PPMK sebesar Rp 315 juta. Dari dana tersebut untuk kegiatan bina fisik sebesar Rp 157,5 juta dan bina sosial sebesar Rp 157,5 juta. Untuk bina fisik diantaranya berupa pembuatan 14 unit gerobak sampah, pengadaan dan penanaman 300 pohon produktif di pemukiman warga.

Sedang untuk kegiatan bina sosial diantaranya berupa kegiatan pelatihan mengemudi, pelatihan guru PAUD, melatih keterampilan PKK daur ulang sampah, serta pelatihan dan Kursus Montir Motor.

Kepala Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan (PMP) Jakpus Amir Mufti, mengatakan dari 44 kelurahan yang ada di Jakpus, hampir semuanya sudah diproses dana PPMK-nya. “Tinggal 4 kelurahan saja yang belum, namun segera menyusul,” katanya.

Ia berharap agar dana PPMK ini digunakan sesuai dengan aspirasi dari masyarakat, sehingga manfaatnya benar-benar bisa dirasakan oleh masyarakat setempat.

Sumber: www.poskota.co.id
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar