Jumat, 05 November 2010

Beberapa Tips Ketika Belanja Online

Saat ini sudah mulai banyak komunitas penjualan OnLine, seperti membeli tas online, sepatu, aksesoris, dan lainya mulai dari yang diluar Indonesia (Ebay, Amazon ,dll) sampai dengan komunitas lokal (dalam negeri). Prinsip yang digunakan yaitu kePercayaan dan kehati-hatian.

Saya coba sampaikan beberapa keuntungan belanja OnLine:

1. Banyak pilihan,

2. Harga bersaing, karena Penjual tidak harus menyewa tempat sebagai Toko ataupun membayar media promosi yang harganya cukup lumayan.

3. Tidak terpengaruh jarak dan waktu (kita tetap pada standar kehidupan normal, untuk saya tidak harus menempuh perjalanan 5jam untuk menemukan Mall),

Namun tetap ada yang harus diperhatikan dalam belanja OnLine:

1. Reputasi dari web itu sendiri (ane seringnya belanja di FJBKaskus). Cek apa barang yang dijual milik orang lain atau langsung pemilik web yang mengkoordinir.

2. Reputasi dari Penjual

3. Jenis Produk. Apa barang yang dijual Asli atau Replika. Seorang penjual yang baik akan memberi tahu mengenai detail barang dan kondisi barang (untuk barang second).

4. Garansi Produk. Sebelum transaksi harus disepakati dahulu mengenai jaminan Garansi, berapa lama ataupun bagian-bagian apa saja yang termasuk dalam paket garansi.

5. Lokasi Penjual. Hal ini akan sangat mempengaruhi terutama mengenai biaya Ongkos Kirim yang biasanya ditanggung pembeli.

6. Bank penerima Transfer. Contohnya ditempat saya ini belum ada tuh Bank BCA, jadi mau tidak mau harus minta Nomor Rekening selain itu, terutama ATM Bersama (kalau bisa Mandiri, kan lumayan untuk menghemat biaya transfer kalau beda bank),

7. Dibeberapa komunitas, sudah ada cara aman bertransaksi, yaitu dengan pihak ke-tiga yang ditunjuk oleh pengelola komunitas itu. misal Kaskus.Us,

Sekian dulu sharing pengalaman pribadi ya...

Selamat berbelanja.

Sumber - intimoel.co.cc

Temukan semuanya tentang Bisnis & Promosikan Usaha Anda di Iklan Gratis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar